Jurnalistika
Loading...

THR 2024 Cair, Lakukan 4 Tips Ini Agar Tak Habis Sia-sia

  • Arief Rahman

    25 Mar 2024 | 16:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustasi THR 2024. (Pixabay/IqbalStock)

jurnalistika.id – Bulan Ramadhan sudah memasuki pekan kedua, itu artinya tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri sudah mulai dicairkan. Jangan biarkan kenikmatan tersebut habis sia-sia agar lebih bermanfaat.

Dalam surat edaran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), THR wajib dibayarkan perusahaan kepada pekerja/buruh paling lambat 7 hari sebelum hari raya idul fitri. Sementara, THR  untuk ASN sudah mulai dicairkan sejak Jumat (22/3/2024).

Baca juga: THR Pemerintah ke ASN Mulai Cair, tapi Deretan Pegawai Ini Tak Kebagian

THR sebaiknya harus dikelola dengan bijak jika tidak ingin lewat begitu saja dari dompet. Karenanya, penting untuk mengetahui tips mengatur THR dengan baik.

4 Tips Agar THR Tidak Habis Sia-sia

Berikut beberapa tips agar THR 2024 tidak habis sia-sia, bisa diterapkan oleh siapa pun.

1. Buat Rencana Penggunaan THR dengan Bijak

Jangan langsung menuruti nafsu ingin belanja segala macam yang diinginkan setelah menerima THR 2024. Sebaiknya buat rencana pengeluaran yang jelas dan bijak.

Baca juga: Respons Gojek dan Grab Soal Himbauan Kemnaker Driver Ojol Dikasih THR

Tentukan dengan cermat bagaimana membagi-bagi jumlah THR yang diterima untuk kebutuhan pokok. Begitu juga untuk hiburan dan keperluan lain di luar kebutuhan yang paling prioritas.

2. Hindari Belanja Impulsif

Saat menerima THR, godaan berbelanja barang-barang yang tidak sebenarnya tidak penting bisa sangat besar. Hindari godaan berbelanja secara impulsif dan pertimbangkan dengan baik sebelum membeli sesuatu.

3. Prioritaskan Kebutuhan Utama

Supaya THR yang kamu terima bermanfaat dan tidak sia-sia, ada baiknya menghabiskannya untuk keperluan yang paling prioritas. Jika tidak, pikirkan ke depan untuk biaya pendidikan, tempat tinggal, dan stok makanan.

4. Ditabung atau Diinvestasikan

Salah satu langkah paling bermanfaat agar THR tidak habis sia-sia adalah menyisihkan sebagian untuk ditabung atau diinvestasikan. Langkah bijak seperti ini bisa bermanfaat di kemudian hari.

Baca juga: Prabowo Ucapkan Terima Kasih ke Anies dan Ganjar: Berkat Ngejek Saya, Rakyat Makin Cinta

Seperti mempersiapkan dana di masa depan agar keuangan stabil jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, bermanfaat juga untuk perlindungan finansial.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

THR 2024

THR Idul Fitri 2024

thr lebaran

Tips and trik


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami