Jurnalistika
Loading...

Deretan Fakta Menarik dari 5 Liga Top Dunia Usai Musim 2023-2024 Berakhir

  • Arief Rahman

    21 Mei 2024 | 09:05 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi. Deretan fakta menarik liga top dunia. (Pixabay/seppH)

jurnalistika.id – Lima liga sepak bola paling bergengsi di dunia yakni Premier League (Inggris) , La Liga (Spanyol) Serie A (Italia), Bundesliga (Jerman), dan Ligue 1 (Prancis) hampir menutup musim 2023-2024. Tersisa Serie A yang masih menyisakan satu hingga dua pertandingan lagi.

Setelah berakhirnya musim 2023-2023 yang dijalani semua liga top dunia itu, tercipta beberapa fakta yang menarik untuk diketahui. Berikut rangkumannya.

1. Manchester City Cetak Sejarah Baru di Premier League

Juru taktik asal Spanyol, Pep Guardiola membuat Manchester City digdaya selama berada di bawah asuhannya. Musim ini, ia membawa The Citizens mencetak sejarah baru dengan memenangkan Premier League empat kali berturut-turut.

Dimulai dari musim 2020-2021 hingga musim 2023-2024. Sejarah ini mungkin sangat sulit untuk dikejar oleh tim lain di Premier League.

Baca juga: Sejarah Baru Liga Inggris Tercipta: Man City Kembali Juara Usai Gilas West Ham

Tim lain di Premier League baru bisa menang tiga kali berturut-turut, salah satu yang pernah membuat catatan itu adalah Manchester United. Terjadi pada musim 1998-1999, 1999-2000, dan 2000-2001, lalu terulang kembali pada musim 2006-2007, 2007-2008, dan 2008-2009.

2. Girona Masuk Liga Champions Setelah Penantian Panjang

Selain Carlo Ancelotti yang membawa Real Madrid musim ini meraih gelar ke-36 La Liga, fakta menarik dari Liga Spanyol lain adalah Girona akhirnya akan tampil untuk pertama kalinya dalam sejarah klub di Liga Champions.

Girona tampil impresif musim ini dengan menempati peringkat ketiga di papan klasemen. Bahkan mereka masih punya kans menggeser Barcelona dari posisi kedua jika mampu menang di laga terakhir dan Blaugrana imbang atau kalah.

3. Inter Milan Samai Pencapaian AC Milan

Berkat juara musim ini, Inter Milan akhirnya menyamai pencapaian gelar Serie A tim sekotanya AC Milan. Kedua tim ini sekarang sama-sama memiliki 19 gelar Serie A.

Namun, meski memiliki 19 gelar bukan bertambah Inter dan AC Milan pemilik trofi terbanyak. Di atasnya masih ada Juventus yang meraih 36 gelar sepanjang sejarah klub.

4. Bayer Leverkusen Juara dan Invincible

Xabi Alonso mencetak sejarah bagi Bayer Leverkusen dengan membawa mereka untuk pertama kalinya menjuarai Bundesliga. Tak hanya itu, juru taktik asal Spanyol itu juga mencetak rekor invincible atau tidak pernah terkalahkan dalam satu musim di Liga.

Baca juga: Gagal ke Olimpiade, STY Optimistis Bawa Indonesia ke R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam 34 pertandingan Bundesliga Bayer Leverkusen meraih 28 kemenangan dan 6 kali imbang. Sehingga mereka finis dengan torehan 90 poin.

5. PSG Hampir Sampai Rekor Pemegang Gelar Ligue 1 Terbanyak

Paris Saint-Germain menjadi raksasa Ligue 1 yang satu dekade ke belakang selalu berada di kelas atas. Namun rupanya mereka masih belum mampu meraih gelar pemegang trofi Ligue 1 terbanyak.

PSG saat ini baru mengumpulkan 9 trofi Ligue 1, kurang satu lagi untuk menyamai Saint-Etienne. Artinya mereka hampir melampauinya, hanya butuh dua musim lagi.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

liga inggris

Liga italia

Liga Jerman

Liga Prancis

liga spanyol


Populer

PKS Usung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami