Jurnalistika
Loading...

Gagal ke Olimpiade, STY Optimistis Bawa Indonesia ke R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

  • Arief Rahman

    14 Mei 2024 | 09:55 WIB

    Bagikan:

image

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)

jurnalistik.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) mengungkap tekadnya ingin membawa Skuad Garuda terbang lebih tinggi usai gagal melaju ke Olimpiade Paris 2024. Kini STY optimistis bisa membawa anak asuhnya lolos ke ronde ketiga (R3) Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Sayang sekali pada akhirnya kami gagal melangkah ken Olimpiade. Saya, masyarakat Indonesia, pendukung timnas, dan juga para pemain, lalu PSSI dan Pak Erick Thohir semuanya pasti kecewa,” kata Shin Tae Yong dikutip dari Instagram Timnas Indonesia, Selasa (14/5/2024).

Sebelumnya, langkah Rizky Ridho dan kawan-kawan menuju ke Olimpiade Paris 2024 terhenti usai kalah 0-1 dari Guinea pada laga playoff Olimpiade Paris, Kamis (9/5) lalu. Gol tunggal Ilaix Moriba dari titik putih pada menit ke-29 menjadi penentu kegagalan Indonesia.

“Tapi kamu tidak akan berhenti. Selanjutnya ada kesempatan ke Piala Dunia. Saya akan menyiapkan tim sebaik mungkin untuk pertandingan selanjutnya agar kita lolos ke babak ketiga. Saya akan mengusahakannya,” tutur STY.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Sir Jim Ratcliffe, Miliarder yang Beli 25 Persen Saham Manchester United

Laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan memainkan dua pertandingan terakhir Grup F putaran kedua Piala Dunia 2026. Pertama menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 6 Juni mendatang.

Kedua, menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung pada 11 Juni men. Dua laga ini sangat penting untuk menentukan nasib perjalanan pasukan Garuda.

Jika Indonesia mampu memenangkan kedua laga tersebut maka jalan ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan otomatis terbuka. Sebab, Indonesia kini menempati posisi kedua Grup F dengan tujuh poin.

Menang dua kali akan membuat poin Indonesia bertambah menjadi 13. Dengan begitu Vietnam yang berada di posisi ketiga dengan 3 poin tidak akan mampu mengejar lagi, apalagi Filipina yang berada di posisi terakhir.

Namun, apabila tidak mampu menyapu bersih laga tersisa. Setidaknya menang sekali dengan harapan Vietnam tidak mengumpulkan lebih banyak gol.

Jalan lain dan terburuk, Indonesia gagal menang di dua laga, namun Vietnam dan Filipina juga harus kalah di dua laga tersisa.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae Yong

Timnas Indonesia


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami