Jurnalistika
Loading...

Apa Itu Tennis Elbow? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

  • Sultan Alfharo

    29 Sep 2023 | 16:45 WIB

    Bagikan:

image

(Freepik/Stockking)

jurnalistika.id – Tennis Elbow atau lateral epicondylitis, adalah kondisi yang disebabkan penggunaan otot dan tendon siku yang berlebihan. Kondisi ini berkaitan dengan gerakan berulang-ulang pada pergelangan tangan dan lengan.

Meskipun namanya mengacu pada tenis, kondisi ini tidak hanya dialami oleh pemain tenis saja. Tetapi dapat juga dialami oleh orang-orang yang terlibat dengan aktivitas fisik yang melibatkan gerakan repetitif lengan atas.

Nyeri dan rasa lemah di tangan akibat tennis elbow dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti menulis atau menggenggam suatu benda. Keluhan dari Tennis Elbow bisa berlangsung sampai berminggu-minggu, hingga berbulan-bulan.

Lantas, apa saja gejala Tennis Elbow yang perlu kamu waspadai? Berikut penjelasan selengkapnya.

Gejala Tennis Elbow

Dilansir dari halodoc, terdapat beberapa gejala dari Tennis Elbow yang sering terjadi tapi kerap diabaikan. Diantaranya adalah rasa nyeri ketika menekuk lengan, sensasi terbakar, dan kaku saat merentangkan tangan.

Nyeri karena Tennis Elbow terjadi ketika jaringan otot lengan bawah yang keras, menempel pada benjolan tulang di bagian luar siku. Nah, jaringan inilah yang disebut dengan Tendon.

Rasa nyeri tersebut akan menyebar ke lengan bagian bawah dan pergelangan tangan. Rasa sakit yang dirasakan penderita cukup beragam, mulai dari yang ringan hingga nyeri yang tak tertahankan meskipun saat siku diam.

Rasa sakit akan semakin terasa ketika kamu menggerakan lengan, terutama untuk gerakan memutar. Adapun, gerakan pergelangan tangan berulang juga dapat memperparah rasa nyeri.

Gejala dari Tennis Elbow akan muncul secara perlahan, dan rasa sakit mungkin akan bertambah buruk selama berminggu-minggu. Berikut gejala-gejala Tennis Elbow yang perlu kamu waspadai.

  1. Mengalami rasa nyeri ketika memutar atau menekuk lengan, misalnya saat membuka gagang pintu atau memutar tutup toples.
  2. Sendi siku alami pembengkakan yang terasa lembut ketika disentuh.
  3. Ketika merentangkan tangan akan terasa kaku dan nyeri.
  4. Genggaman tangan melemah ketika memegang benda seperti karet, pena, atau lengan seseorang.
  5. Mengalami sensasi rasa terbakar atau nyeri pada siku luar, lalu rasa sakit itu menjalar ke pergelangan tangan.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun gejala-gejala ini dapat menunjukkan adanya tennis elbow, diagnosis yang tepat harus ditegakkan oleh profesional medis. Jika kamu mengalami gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli fisioterapi.

Cara Mengatasi

Tennis Elbow dapat membaik dengan sendirinya. Meski begitu penderita tetap memerlukan perawatan medis. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, pemulihannya memerlukan waktu setidaknya 18 bulan.

Berikut beberapa teknik non-bedah yang dapat mempercepat pemulihannya.

  1. Terapi fisik: Latihan fisik dapat memperkuat lengan bawah dan genggaman. Metode pijat, USG, atau teknik stimulasi otot lainnya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi otot.
  2. Menyuntikan steroid: Kortikosteroid suntik terbukti dapat meredakan nyeri dan peradangan sendi untuk sementara.
  3. Menggunakan penyangga: Penggunaan penyangga penahan mungkin akan direkomendasikan oleh Dokter. Alat ini dapat menghilangkan ketegangan yang terjadi di tendon dan otot.
  4. Terapi plasma kaya trombosit (PRP): Trombosit merupakan fragmen sel kecil yang membantu penyembuhan. Selama suntikan terapi PRP, dokter mengeluarkan sedikit darah dan memisahkan trombosit dari sel darah lainnya. Kemudian menyuntikkan trombosit pekat ke area luka dengan panduan USG.
  5. Istirahat: Istirahat yang cukup perlu dilakukan, hentikan atau kurangi aktivitas selama beberapa minggu agar tendon memiliki waktu untuk pulih.
  6. Terapi gelombang kejut ekstrakorporeal: Gelombang suara dapat memecah jaringan parut. Setelah itu aliran darah menuju area rusak akan membaik secara perlahan.
  7. Tenotomy invasif minimal: Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jaringan tendon degeneratif dari dalam tendon.

Dalam kasus yang lebih parah, prosedur medis seperti injeksi kortikosteroid atau tindakan bedah mungkin diperlukan. Penting untuk segera mencari bantuan medis jika kamu mengalami gejala tennis elbow, agar dapat ditangani dengan efektif.

Jika kamu dapat menghindari atau telah sembuh, kamu akan dapat beraktivitas dengan nyaman. Tanpa adanya gangguan nyeri dan rasa terbakar di lengan dan siku.

keram

kesehatan

Tennis Elbow


Populer

PKS Usung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami