Jurnalistika
Loading...

8 Strategi Jitu Menjaga Kesehatan dari Polusi Udara

  • Sultan Alfharo

    25 Agt 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

(Ilustrasi: Pexels/Tom Fisk)

jurnalistika.id – Akhir-akhir ini kita dikhawatirkan polusi udara yang menyebar hampir di seluruh Kota Jakarta, dan sekitarnya. Maka dari itu, kita perlu ekstra menjaga diri agar selalu sehat dan tetap fit untuk menjalani hari.

Polusi udara merupakan zat-zat berbahaya atau partikel-partikel mikroskopis yang ada di atmosfer, dan dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Sumber polusi udara dapat berasal dari berbagai aktivitas, seperti pembakaran bahan bakar fosil, industri, kendaraan bermotor, dan proses alam.

Dilansir dari situs kesehatan Biofarma, seseorang yang terkena paparan dari polusi udara dalam jangka panjang akan berpotensi terkena berbagai penyakit seperti asma, bronkitis, kanker paru-paru, dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu udara yang tidak sehat akan memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada, misalnya seperti penyakit jantung dan gangguan pernapasan kronis.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan dari polusi udara. Berikut 8 strategi jitu untuk menjaga kesehatan diri dari polusi udara.

1. Lakukan pengecekan kualitas udara di daerah tempat kamu tinggal.

Langkah pertama kamu dapat mengecek kualitas udara yang ada di daerah tempat kamu tinggal. Karena dengan mengetahui kualitas udara, kamu dapat mempersiapkan barang untuk menghindari diri dari paparan udara yang tidak sehat.

2. Hindarilah tempat-tempat yang tergolong memiliki udara tidak sehat.

Kamu perlu menghindari tempat-tempat yang terindikasi memiliki udara tidak sehat, dan jika keadaan mengharuskan kamu pergi ke tempat tersebut, gunakanlah masker.

3. Bersihkan udara di dalam rumahmu, misalnya kamar tidur dan ruang tamu dengan pembersih udara.

Bersihkan udara di dalam rumah secara berkala, karena meski rumah terlihat bersih belum tentu kualitas udaranya baik.

4. Lakukan penanaman hijau di sekitar rumah, dan lingkungan tempat tinggal.

Perbanyak tanaman hijau di daerah tempat kamu tinggal, cara ini terbukti mampu menekan pencemaran udara. Selain itu, berkebun dengan cara hidroponik juga dapat menjadi solusi.

5. Atur sirkulasi udara dengan baik

mengatur sirkulasi udara ini bertujuan untuk menciptakan ketersediaan udara bersih yang rendah polusi dengan maksud menjaga kelembaban dan suhu yang nyaman bagi penghuni di dalam sebuah bangunan.

6. Gunakan transportasi publik dan kurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Demi mengurangi pencemaran udara, kamu dapat meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi dan berpergian menggunakan transportasi publik. Hal ini diperlukan karena banyaknya asap pembuangan yang dihasilkan oleh kendaraan, baik mobil atau motor akan memperburuk kualitas udara.

7. Lakukan gaya hidup sehat dan memakan makanan dengan gizi seimbang.

Buat badan kamu lebih bugar dengan menjalani gaya hidup sehat, hal ini akan meningkatkan imun tubuh dari berbagai penyakit. Setelahnya, sempurnakan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

8. Jika kamu berada di lokasi dengan tingkat pencemaran udara tinggi, gunakanlah masker.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker jika kamu berada di lokasi-lokasi, dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi. Dengan menggunakan masker, kamu dapat terhindar dari paparan polusi udara secara langsung.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini

kesehatan

polusi udara


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami