Jurnalistika
Loading...

7 Makanan yang Efektif Menurunkan Asam Urat, Aman Dikonsumsi

  • Sultan Alfharo

    08 Sep 2023 | 20:55 WIB

    Bagikan:

image

(Pexels/Jane Doan)

jurnalistika.id – Asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, khususnya pada sendi-sendi. Selain itu, asam urat juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal.

Jika kamu penderita asam urat, pasti kamu sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Tapi, tahukah kamu? ternyata ada sejumlah makanan yang dapat menurunkan asam urat, dan aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Dilansir dari siloamhospitals, Berikut 7 makanan yang efektif menurunkan asam urat dan aman dikonsumsi.

Daftar makanan penurun asam urat

1. Buah pisang

Makanan yang dapat menurunkan asam urat pertama adalah buah Pisang. Buah berwarna kuning ini, selain manis ternyata memiliki kandungan kalium tinggi. Senyawa dalam buah pisang ini dapat membantu kamu mencegah pembentukan kristal asam di dalam tubuh.

Apabila kristal di dalam tubuh sudah terbentuk, buah pisang dapat menekan pengerasan sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal. Pisang juga rendah purin (senyawa pembentuk asam urat) serta kaya akan vitamin C yang membantu ekskresi purin dan asam urat.

Kamu bisa mengkonsumsi setidaknya 1-2 buah per hari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

2. Teh Hijau

Selanjutnya ada Teh Hijau. Teh hijau dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh manusia. Walaupun teh hijau sering dijadikan sebagai minuman oleh masyarakat, ekstrak teh hijau dapat digunakan sebagai campuran makanan.

Teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin, antioksidan ini dapat menghambat produksi asam urat dan mencegah pembentukan kristal asam urat.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makanan yang dapat menurunkan asam urat dan kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 sendiri diketahui mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat asam urat. 

Purin dan asam lemak jenuh rendah juga terkandung di dalam salmon. Karena itu, ikan salmon dapat menurunkan atau menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

4. Kopi

Mengkonsumsi kopi dengan takaran tepat dapat membantu mengurangi risiko asam urat. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kopi yang satu ini.

Kopi juga tidak disarankan bagi penderita kondisi medis tertentu. Jika kamu ingin mengkonsumsinya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Kacang pinto dan kuaci

Kacang-kacangan seperti pinto dan kuaci merupakan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat. Kacang pinto mengandung asam folat yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. 

Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya akan asam folat. Perlu diingat, kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat hanya kacang pinto dan kuaci saja.

6. Cuka Apel

Cuka apel adalah makan yang tinggi kalium dan dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang mampu mengurangi risiko penyakit yang dapat mempengaruhi asam urat, seperti obesitas dan diabetes.

Cuka Apel juga berfungsi sebagai anti inflamasi alami yang mampu meredakan peradangan atau mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. 

7. Buah Ceri

Ceri termasuk salah satu buah yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ceri mengandung antosianin (pigmen berwarna merah-ungu) yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut diyakini dapat menurunkan kadar asam urat sekaligus meredakan nyeri sendi. Manfaat ceri akan lebih optimal jika dikonsumsi dengan obat asam urat dari dokter.

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, penting untuk menghindari makanan yang tinggi purin seperti daging merah, alkohol, dan makanan cepat saji. Karena makanan tersebut dapat memicu peningkatan kadar asam urat.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

asam urat

kesehatan


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami