Jurnalistika
Loading...

7 Gejala Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

  • Sultan Alfharo

    30 Sep 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

(Freepik/Lifestylememory)

jurnalistika.id – Batu ginjal adalah masalah kesehatan yang perlu diperhatikan, penderita batu ginjal akan merasakan sakit yang berkepanjangan jika tidak diatasi. Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam yang terkandung dalam urin. 

Batu ginjal dapat berkembang di dalam ginjal atau saluran kemih. Ketika batu ginjal bergerak atau menyebabkan sumbatan, penderita akan merasakan sakit yang luar biasa hingga komplikasi serius. 

Besaran batu ginjal bervariasi, ada yang sebesar biji buncis, ada yang kecil seperti pasir, hingga sebesar bola golf. Batu kecil tersebut akan melewati saluran kemih, dan untuk beberapa kondisi dokter akan merekomendasikan penderita untuk melakukan pembedahan.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala batu ginjal untuk menghindari kemungkinan terburuk. Dilansir dari halodoc, berikut adalah 7 gejala batu ginjal yang tidak boleh diabaikan.

7 gejala batu ginjal

Bagi penderita yang memiliki batu ginjal berukuran sangat kecil, mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. Namun, apabila batu ginjal berukuran lebih besar, kemungkinan penderita akan mengalami beberapa gejala.

Bagi sebagian orang, gejala-gejala tersebut seringkali diabaikan. Pada akhirnya, penderita akan mengalami komplikasi serius dan kemungkinan terburuknya adalah kematian. Berikut gejala-gejalanya.

1. Nyeri punggung, perut atau samping yang Intens

Salah satu gejala paling khas dari batu ginjal adalah nyeri punggung yang tajam dan intens. Nyeri ini biasanya terjadi di sisi atau punggung bawah yang berhubungan dengan ginjal yang terkena. 

Beberapa orang yang pernah merasakan batu ginjal biasanya akan membandingkan rasa sakitnya dengan melahirkan atau tertusuk pisau. Meski terkesan melebih-lebihkan, tapi memang rasa sakit akibat batu ginjal benar-benar menyakitkan.

Kondisi mungkin menyebar ke area perut dan selangkangan saat batu bergerak turun melalui saluran kemih. 

2. Merasakan nyeri saat buang air kecil

Gejala selanjutnya adalah rasa nyeri ketika buang air kecil. Saat batu ginjal bergerak ke dalam saluran kemih, mereka dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Jika batu ginjal mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, penderita akan merasakan nyeri tajam selama proses buang air kecil. 

Rasa nyeri ini dapat terjadi pada salah satu sisi tubuh, tergantung pada di mana batu ginjal terletak. Jika penderita tidak mengetahui bahwa dirinya sedang mengalami batu ginjal, mungkin akan salah mengira itu sebagai infeksi saluran kemih (ISK).

3. Terdapat darah dalam urin

Batu ginjal dapat merusak dinding saluran kemih atau ginjal, dan menyebabkan perdarahan. Hal Ini dapat mengakibatkan urine menjadi berwarna merah, merah muda, atau coklat, tergantung seberapa banyak darah yang ada dalam urin. 

Gejala ini juga disebut hematuria, jika penderita melihat perubahan warna ini pada urin segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan urin apakah benar mengandung darah atau tidak.

4. Sering mual dan muntah

Gejala batu ginjal selanjutnya adalah penderita sering mengalami mual dan muntah. Ini terjadi karena adanya koneksi saraf yang sama antara ginjal dan saluran pencernaan. 

Batu yang terdapat di ginjal dapat memicu saraf di saluran pencernaan yang mengakibatkan sakit perut. Mual dan muntah juga bisa menjadi cara tubuh untuk merespon rasa sakit yang luar biasa.

5. Mengalami demam dan menggigil

Selain menyebabkan mual dan muntah, batu ginjal juga dapat menyebabkan demam dan menggigil. Hal ini merupakan tanda adanya infeksi pada ginjal atau bagian lain saluran kemih.

Namun, juga bisa menjadi tanda adanya masalah serius lainnya selain batu ginjal. Demam apa pun yang disertai rasa sakit memerlukan perhatian medis segera, terutama jika demam mencapai 38 derajat Celcius atau lebih. 

6. Penderita sering buang air kecil

Meskipun gejala ini tidak selalu terjadi, kamu mungkin akan merasa selalu ingin buang air kecil. Baik itu siang ataupun malam, dan dalam jarak waktu yang dekat. Gejala sering buang air kecil bisa menyerupai gejala ISK.

7. Urine akan terlihat keruh atau berbau

Bagi penderita gejala batu ginjal, air urine yang dikeluarkan ketika buang air kecil akan terlihat keruh atau berbau. Urine yang berwarna keruh dan berbau menyengat bisa menjadi tanda adanya infeksi pada ginjal atau bagian lain di saluran kemih.

Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sangat penting untuk segera menghubungi dokter Anda. Batu ginjal dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati, seperti infeksi ginjal atau kerusakan permanen pada ginjal. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes untuk menentukan ukuran dan lokasi batu ginjal, serta rencana pengobatan yang sesuai. Pencegahan adalah kunci dalam mengatasi batu ginjal, minumlah banyak air untuk mencegah pembentukan batu ginjal baru dan ikuti saran dokter.

Jangan abaikan gejala batu ginjal, karena penanganan yang tepat waktu dapat membantu mencegah komplikasi yang serius.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

batu ginjal

gejala batu ginjal


Populer

Deretan Artis Masuk Radar Pilkada 2024, dari Pelawak hingga Musisi
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami