Jurnalistika
Loading...

6 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

  • Jurnalistika

    10 Agt 2023 | 14:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi seseorang meditasi. (Pixabay/leninscape)

jurnalistika.id – Meditasi telah dikenal luas sebagai praktik yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Dengan mengalihkan perhatian dari kekhawatiran sehari-hari dan merenung dalam ketenangan, meditasi cocok dilakukan guna meningkat kualitas kesehatan.

Dikutip dari CanoHealth, meditasi adalah metode melatih otak untuk fokus pada suatu hal dan mengarahkan semua pikiran ke suatu objek yang ingin dipikirkan. Meditasi melibatkan fokus, pernapasan maupun perasaan dengan tujuan mencapai relaksasi, kesadaran, dan kedamaian batin.

Meditasi ada beberapa jenis, termasuk meditasi mindfulness, pernapasan, transcendent, dan lainnya. Praktik seperti ini juga bisa ditemukan dalam berbagai tradisi spiritual dan budaya sebagai cara untuk mencapai ketenangan, pemahaman diri, dan keseimbangan mental. Lantas apa saja manfaat melakukan meditasi bagi kesehatan?

6 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam manfaat meditasi bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Menurunkan Stres

Ada banyak penelitian yang menunjukkan kalau latihan meditasi secara teratur dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas hidup. Misalnya dalam studi jurnal di Jama Internal Medicine disebutkan meditasi mindfulness efektif dalam mengurangi tingkat stres.

Baca juga: Terlalu Banyak Minum Air Putih Sama Bahayanya dengan Dehidrasi

Alasan utamanya karena melalui fokus pada pernapasan dan relaksasi saat meditasi bisa membantu mengurangi produksi hormon stres seperti kortisol. Namun, perlu pula memperhatikan durasi dan juga jadwal untuk bisa mendapatkan kualitas meditasi lebih baik.

2. Mengurangi Kecemasan

Tidak hanya dapat menurunkan stres. Dilansir dari CanonHealth, dengan melakukan metode kesehatan ini bisa memungkinkan seseorang untuk mengatasi dan bereaksi secara positif terhadap kesehatan.

Agar bisa mencapai manfaat menghilangkan kecemasan, laman kesehatan tersebut menyarankan seseorang berlatih meditasi secara teratur. Tentunya dengan bimbingan ahli di bidang ini.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Menurut jurnal terbitan Psychological Science, meditasi dapat membantu meningkatkan kemampuan multitasking dan meningkatkan daya tahan perhatian. Cocok dilakukan oleh seseorang yang sering merasa cepat kehilangan konsentrasi dan fokus.

4. Meningkatkan Kesadaran Diri

Meditasi dipercaya menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran diri. Bisa pula mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri. Pada akhirnya, meditasi mengurangi perasaan kesepian dan memberikan kepuasan.

5. Kualitas Tidur Bisa Lebih Baik

Jika sering merasa susah tidur, meditasi mungkin menjadi solusi yang tepat dipraktekkan. Karena cara tersebut dapat membantu meredakan pikiran berlebihan (overthinking) sehingga bisa menciptakan suasana lebih tentang menjelang terlelap.

6. Menumbuhkan Empati dan Kebaikan

Terakhir, meditasi juga bisa membuat orang cenderung memiliki lebih banyak empati dan kebaikan terhadap orang lain. Mereka akan memberikan perasaan positif kepada orang lain, cepat memaafkan, dan mudah move on atau lebih memilih melanjutkan hidup daripada meratapi yang sudah terjadi.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

manfaat meditasi

meditasi


Konten Sponsor

Populer

Angin Puting Beliung Ngamuk di Rancaekek-Jatinangor, BMKG Beri Penjelasan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami