Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

10 Makanan Pemicu Migrain, Hindari Agar Aktivitas Tidak Terganggu

  • Sarah A

    11 Jan 2022, 19:57 WIB

    Bagikan:

<p>Migrain (c) pexels.com</p>

Migrain (c) pexels.com

jurnalistika.id – Migrain merupakan jenis sakit kepala yang bila menyerang kita tentu akan menggangu aktivitas, mengidentifikasi sebab timbulnya migrain akan sangat membantu kita menghindarinya.

Banyak faktor yang menjadi pemicu migrain, dalam berbagai kasus, migrain disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, lho.

Ada sejumlah makanan yang harus Kamu hindari jika sering migrain. Yuk simak 10 makanan pemicu migrain pada artikel di bawah ini.

1. Alkohol

pemicu migrain
(c) pexels.com

Diketahui dari satu studi terdapat lebih dari 35% peserta yang mengatakan bahwa alkohol adalah salah satu pemicu migrain.

Anggur merah disebut sebagai pemicu yang menyebabkan lebih dari 77% peserta mengalami sakit kepala.

Efek samping alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi sebagai kontributor signifikan pemicu migrain atau sakit kepala.

2. Cokelat

Cokelat merupakan pemicu utama kedua setelah alkohol. Mereka juga mengatakan bahwa cokelat dapat menjadi pemicu sekitar 22% orang yang mengalami migrain (American Migraine Foundation).

Hal ini karena adanya kandungan kafein dan beta-phenylethylamine pada cokelat yang dapat memicu sakit kepala.

3. Kafein

Faktanya kafein dapat membantu menghentikan serangan migrain yang akan datang (American Migraine Foundation). Namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein atau bahkan Anda konsumsi setiap hari akan menyebabkan migrain atau sakit kepala.

Contoh makanan dan minuman yang mengandung kafein di antaranya seperti kopi, teh, dan cokelat.

4. Pemanis Buatan

pemicu migrain 3
(c) blue cheese dari pexels.com

Kebanyakan makanan dan minuman olahan mengandung pemanis buatan sebagai gula alternatif yang ditambahkan untuk menambah rasa manis. 

Pemanis buatan seperti aspartam dapat menjadi pemicu timbulnya migrain.

Sebagaimana kita tahu, makanan olahan memang kurang baik bagi kesehatan karena banyak mengandung pengawet.

Sebagai saran, ika Anda pecinta manis konsumsilah buah-buahan yang mengandung gula alami yang sangat baik bagi kesehatan.

5. Makanan yang mengandung MSG

Monosodium Glutamat atau MSG biasanya digunakan sebagai Bahan Tambahan Pangan dalam bahan makanan untuk menambahkan cita rasa makanan itu sendiri.

Menurut American Migraine Foundation, MSG dapat memicu migrain parah pada kisaran  10-15% penderita migrain. Walaupun bagi sebagian orang MSG aman untuk dimakan, tetapi faktanya beberapa peneliti menghubungkannya dengan pemicu serangan migrain.

6. Daging yang Diawetkan

Daging mengandung pengawet nitrat (ham, deli,hot dog, dan sosis). Pengawet nitrat berfungsi untuk mempertahankan warna dan rasa.

Hal tersebut dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah dan melebarkan pembuluh darah di otak sehingga dapat memicu terjadinya migrain atau sakit kepala.

7. Keju Tua

pemicu migrain2
(c) feta cheese dari unsplash.com

Keju tua mengandung zat yang disebut tyramine. Tyramine adalah bahan kimia yang terbentuk ketika penuaan makanan sehingga menyebakan pemecahan protein sebagai pemicu migrain.

Semakin lama umur keju maka semakin tinggi kadar juga tyramine-nya. Contoh keju yang mengandung tyramine tinggi yaitu keju feta, keju biru, dan keju parmesan.

8. Makanan Fermentasi

Semakin banyak teknik pengolahan makanan maka semakin berkurang nutrisinya. Pengasinan dan fermentasi merupakan contoh teknik pengolahan makanan yang termasuk ke dalam pengawetan.

Jenis makanan ini juga mengandung tyramine dalam jumlah tinggi di dalamnya. Contoh makanan fermentasi yaitu seperti acar, kimchi, kombucha (sebagian mengandung alkohol), acar okra, acar jalapenos.

9. Makanan Beku

pemicu migrain 4
(c) parmesan cheese dari unsplash.com

Suhu makanan yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan migrain atau sakit kepala, terlebih lagi jika Anda mengkonsumsinya secara cepat, setelah berolahraga, atau saat kepanasan.

Contohnya saat Anda makan es krim saat kepanasan, adanya perubahan suhu dari tubuh Anda yang sedang kepanasan lalu berubah menjadi dingin secara tiba-tiba akibat es krim yang Anda makan memungkinkan sekali terjadinya migrain atau sakit kepala.

10. Makanan Asin

Makanan olahan biasanya mengandung pengawet berbahaya, terutama pada makanan olahan asin karena mengandung natrium dalam jumlah besar yang dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan migrain pada beberapa orang.  

Maka dari itu, tidak dianjurkan bagi orang yang menderita hipertensi mengkonsumsi makanan dengan kadar natrium yang tinggi.

Baca juga:

kesehatan

makanan

migrain

penyebab migrain

sakit kepala


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022