Jurnalistika

5 Jenis Olahraga Bagi Penderita Asma Tanpa Memperburuk Peradangan

  • Sarah A

    09 Jan 2022, 16:26 WIB

    Bagikan:

image

(c) Unsplash

jurnalistika.id – Ada beberapa jenis olahraga yang dapat mengurangi atau mencegah gejala asma. olahraga ini akan membuat paru-paru kamu lebih kuat tanpa memperburuk peradangan.

Tetapi terkadang, olahraga seperti latihan aerobik dapat memicu atau memperburuk gejala yang berhubungan dengan asma yang dikenal dengan bronkokonstriksi yang diinduksi olahraga (exercise-induced bronchoconstriction).

Bagi kamu yang memiliki penyakit asma, jangan takut berolahraga karena takut sesak napas. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa banget kamu lakuin lho.

1. Berenang

olahraga bagi penderita asma
Berenang merupakan salah satu olahraga yang paling direkomendasikan untuk penderita asma. (c) Unsplash

Saat berenang, kamu akan sering menggerakkan tubuh yang membuat dada, bahu, pundak, dan perut ikut bergerak sehingga dapat memperlancar sirkulasi udara di dalam tubuh.  

Selain itu, berenang juga baik untuk latihan mengatur napas, meningkatkan potensi kerja paru-paru dan jantung, melatih seluruh otot tubuh dengan aman tanpa benturan, bahkan dapat membakar kalori.

2. Berjalan

Berjalan merupakan aktivitas berintensitas rendah yang membuat kamu lebih mudah bernapas.

Suasana yang cocok jika kamu ingin berjalan yaitu saat cuaca hangat, karena udara kering dan sejuk dapat memicu atau memperburuk gejala asma.

Olahraga ini sangat mudah kamu lakukan, yap karena kamu hanya perlu berjalan saja. Kamu juga bisa berjalan di atas treadmill di dalam ruanganan.

3. Mendaki

Kamu bisa memilih jalur pendakian yang relatif datar atau memiliki tanjakan yang lambat dan stabil. 

Saat kamu mendaki, atur pernapasan kamu dengan tenang dan mendakilah dengan santai tanpa terburu-buru.

Sebelum kamu melakukan olahraga ini, ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter apakah kondisi kamu dalam keadaan aman atau tidak. 

Jangan sampai lupa membawa obat ya!

4. Bersepeda

olahraga bagi penderita asma
Bersepeda dapat melatih sistem pernapasan kamu menjadi lebih teratur. (c) Unsplash

Kamu dapat bersepeda dengan santai dengan kecepatan relatif rendah.

Jika kamu mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi atau di daerah penggunungan akan memicu gejala asma.

5. Berlari

olahraga bagi penderita asma
(unsplash)

Jika kamu ingin berlari, pilihlah lintasan dan lapangan jarak pendek seperti sprint.

Hindari berlari marathon karena akan menyebabkan saluran pernapasan kamu terganggu dan memicu kambuhnya asma.

6. Olahraga dengan aktivitas singkat

Ada beberapa macam jenis olahraga lain yang bisa kamu lakukan, kegiatan ini melibatkan intermittent breaks (istirahat intermiten) yang lebih gentle  untuk paru-paru.

Olahraga ini seperti baseball, olahraga senam, voli, golf, dan sepak bola.

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Pentingnya Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

Asma

kesehatan

Olahraga

Olahraga Bagi Penderita Asma


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami