Jurnalistika
Loading...

4 Doa Menyambut Bulan Ramadhan, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

  • Arief Rahman

    15 Feb 2024 | 10:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi berdoa menyambut bulan Ramadhan. (Pixabay/chiplanay)

jurnalistika.id – Doa menyambut bulan Ramadhan bisa dibaca untuk membuat lebih semangat memasuki bulan yang penuh berkah ini. Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan, singkat dan mudah dihafal.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, Ramadhan jatuh pada 12 Maret 2024 sampai 9 April 2024.

Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1445 H Jatuh pada 11 Maret 2024

Terhitung sejak hari ini, maka Ramadhan 2024 akan tiba kurang lebih satu bulan lagi. Sehingga penting bagi umat Islam mengetahui doa menyambutnya bulan suci itu.

4 Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2024

Berikut empat doa menyambut bulan Ramadhan lengkap dengan tulisan arab, latin dan terjemahannya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Dari Riwayat Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith

Diriwayatkan oleh Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith, Rasulullah mengajarkan doa yang dibaca saat Ramadhan datang, berikut bunyinya.

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Artinya: Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang:

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Latin: “Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Arti doa: “Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311).

2. Doa Kedua dari Kitab Riyadhus Shalihin

Kemudian, berikut adalah doa kedua berdasarkan Kitab Riyadhus Shalihin.

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Bacaan Latin: Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah. Hilalu rusydin wa khairin

Artinya: “Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan.” (Dinukil dari Kitab Riyadhus Shalihin).

3. Berdasarkan HR Ahmad

Doa berikutnya didasarkan pada hadits riwayat Ahmad, yang bunyinya sebagai berikut.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Bacaan lain: Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya’ban wa ballighnaa Ramadhan

Artinya: “Ya Allah berilah keberkahan pada kami di bulan Rajab, bulan Syaban dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad)

4. Doa Riwayat Imam Abu Dawud

Terakhir, doa menyambut bulan Ramadhan bisa membaca yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud berikut.

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ )مرتين(، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ )ثَلاث مرات(، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Bacaan latin: Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Bulan Ramadhan

doa Ramadhan

Ramadhan


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami