Jurnalistika
Loading...

Tanpa Aplikasi! Ini 5 Cara Menghapus File Sampah di Laptop OS Windows Agar Tidak Lemot

  • Arief Rahman

    30 Jun 2023 | 15:36 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi menghapus file sampah dari laptop. (Pixabay/firmbee)

jurnalistika.id – Membersihkan atau menghapus file sampah di laptop yang memiliki operasi sistem (OS) Windows dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ketahui langkah-langkahnya agar kamu bisa mengatasi laptop yang lemot ketika sedang dioperasikan.

Umumnya, semakin lama laptop digunakan maka performanya juga akan menurun. Seperti lemot ketika memproses data atau bahkan hanya sekedar membuka file Explore. Apalagi membuka aplikasi yang memiliki kapasitas besar, seperti Microsoft Office dan software editor.

Kalau kamu sedang mengalami masalah yang sama seperti yang dijelaskan, maka ada beberapa langkah yang dilakukan. Misalnya menghapus file sampah yang mungkin sudah menumpuk di laptop kamu. Lantas bagaimana caranya?

5 Cara Menghapus File Sampah Laptop Tanpa Aplikasi

Berikut lima cara menghapus file sampah pada laptop yang memiliki OS Windows berapapun dan dilakukan tanpa aplikasi tambahan.

1. Menggunakan Fitur Search Windows

Cara pertama yakni memanfaatkan fitur search pada OS Windows. Umumnya fitur ini bisa ditemukan di sebelah kiri bawah monitor. Kamu tinggal klik dan ketik “Disk Cleanup” lalu tunggu sampai muncul tulisan “Disk Cleanup: Drive Selection”.

Setelah itu klik pada tulisan tersebut dan akan diarahkan ke aplikasi pembersih drive bawaan Windows. Kemudian, kamu tinggal pilih drive yang ingin dibersihkan dari file sampah dan klik Ok. Pastikan seluruh file yang ingin dihapus tercentang agar pembersihan maksimal.

2. Mencari File Temp Lewat Run

Temp berisi file sementara yang dibuat untuk menyimpan informasi sementara, baik untuk penggunaan program atau untuk transfer ke file permanen saat selesai. Karenanya, cukup aman untuk menghapus file-file tersebut.

Baca juga: 5 Tools Gratis Buat Bantu Skripsi Cepat Kelar, Mahasiswa Semester Akhir Wajib Tahu!

Caranya, tekan ikon windows + R untuk membuka fitur Run. Kemudian ketikan temp lalu enter. File Explorer akan terbuka dan menunjukkan seluruh folder temp. Selanjutnya, tekan tombol delete+shift untuk menghapusnya secara permanen.

3. Kosongkan File %Temp%

Fungsi file ini tidak jauh beda dengan Temp, caranya menghapusnya juga sama. Kamu cukup melakukan langkah-langkah seperti menghapus temp untuk mengosongkan folder ini lewat metode run.

4. Bersihkan Recycle

Membersihkan Recycle yang ada di laptop seringkali dilupakan oleh sebagian orang. Alhasil, file menumpuk di dalamnya dan berakibat pada penurunan kinerja laptop. Karenanya, jangan lupa untuk menghapus bagian ini secara berkala jika file yang sudah tidak dibutuhkan.

Namun, file sampah tidak bukan satu-satunya alasan yang membuat laptop menjadi lemot. Bisa juga karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan otomatis di background saat laptop diaktifkan.

Kemudian, harddisk yang digunakan sudah terlalu lama alias berumur tua. Akibatnya, proses read write berjalan lebih lama dari biasanya yang berpengaruh pada kinerja laptop secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, kamu juga bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak diperlukan sebagai upaya membuat laptop lebih lancar. Jika berkenan bisa juga menambah kapasitas RAM maupun mengganti harddisk.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

cara menghapus file sampah

file sampah laptop

Tips and trik


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami