Jurnalistika
Loading...

5 Tools Gratis Buat Bantu Skripsi Cepat Kelar, Mahasiswa Semester Akhir Wajib Tahu!

  • Arief Rahman

    23 Jun 2023 | 12:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi mengerjakan skripsi. (Pixabay/StartupStockPhotos)

jurnalistika.id – Jika kamu mahasiswa semester akhir, maka perlu mengetahui beberapa tools gratis yang bisa digunakan untuk membantu skripsi cepat selesai. Sehingga, kamu juga bisa cepat mengikuti sidang tugas akhir dan menyelesaikan masa perkuliahan.

Mengerjakan skripsi memang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, jika dikerjakan dan tidak bermalas-malasan kebuntuan yang didapat pasti akan menemukan jalan keluar dan bisa selesai.

Sebaliknya, kalau mengerjakan skripsi terus dipandang sulit bisa jadi rasa malas akan datang dan membuat tugas akhir terbengkalai. Alhasil, kamu akan semakin lama berkutat di kampus dan menjadi mahasiswa abadi.

Umumnya tidak ada mahasiswa yang ingin perjuangannya mendapat gelar terhenti di semester akhir. Oleh sebab itu, untuk memudahkan mengerjakan skripsi, di sini sudah dirangkum beberapa tools yang dapat membantumu berjuang meraih sarjana.

Tools Gratis Buat Bantu Skripsi Cepat Kelar

Berikut lima tools yang bisa kamu gunakan saat menyusun skripsi ataupun tugas akhir secara gratis.

1. Google Docs

Microsoft Word memang sudah menjadi salah satu software yang paling banyak digunakan mahasiswa dalam menyusun skripsi. Akan tetapi, terkadang bagi mereka yang memiliki perangkat laptop maupun komputer seringkali terganggu diakibatkan lamanya aplikasi terbuka.

Baca juga: 5 Cara Mudah Hilangkan Bau Daging Sapi, Cocok Buat Masak Qurban Idul Adha

Belum lagi ketika sedang asik mengerjakan skripsi di Microsoft Word terjadi “not responding” dan tiba-tiba keluar sendiri. Keadaan seperti ini biasanya akan membuat malas dan akhirnya meninggalkan dokumennya.

Namun, di Google Docs kamu tidak perlu mengunduh dan install di laptop atau komputer. Melainkan cukup membukanya secara online di web browser seperti Google Chrome. 

Menariknya, selama kamu tersambung ke Internet, Google Docs akan menyimpan secara berkala, bahkan bisa perdetik. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketika file hilang atau tidak tersimpan.

2. Google Scholar

Berikutnya, Google Scholar bisa dimanfaatkan untuk mencari referensi buku atau karya ilmiah yang sudah ada. Dalam tools ini tersedia fitur pencarian sehingga cukup mengetikkan nama yang ingin dicari maka akan muncul.

Sayangnya hingga kini masih banyak referensi tulisan yang dikunci atau tidak bisa diakses secara gratis. Jadi, jika kebetulan yang kamu cari ada lambang gemboknya kamu perlu memenuhi syarat terlebih dulu.

3. Google Drive

Kamu mungkin sudah menggunakan Google Drive sehari-hari, atau paling tidak sudah pernah memakainya. Tetapi tahukah kamu kalau tools dari Google ini sebenarnya sangat berguna bagi mahasiswa akhir yang sedang skripsi.

Google Drive bisa menyimpan semua file yang kamu butuhkan dalam mengerjakan skripsi. Mulai dari referensi yang tadi dicari, foto-foto pelengkap, hingga dokumen skripsi sendiri. Jika sudah menyimpan disini kamu tidak perlu khawatir hilang selama mengingat akun dan kata sandinya.

4. Freedom

Tool berikut ini berkaitan dengan menjaga konsentrasi. Karena dalam proses pengerjaan skripsi, selain malas dan kehilangan ide, konsentrasi yang rendah juga bisa mengganggu.

Aplikasi Freedom menawarkan solusi buat kamu yang susah fokus mengerjakan skripsi. Cara kerjanya menghalangi akses pengguna terhadap internet, tujuannya supaya bisa bekerja penuh konsentrasi tanpa mendapatkan gangguan atau dialihkan ke pekerjaan lain.

5. Quillbot

Kalau kamu bingung terkait parafrase pada skripsi yang sedang dikerjakan. Maka kamu bisa memanfaatkan Quillbot untuk membantu menghindari dugaan plagiasi. Tools ini dapat diakses secara gratis dengan tawaran 125 rekomendasi kata dalam fitus paraphraser, mode standar dan fasih, serta pilihan sinonim.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

skripsi

tips skripsi

tools skripsi


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami