Jurnalistika
Loading...

5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

  • Jurnalistika

    04 Sep 2023 | 15:55 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi baterai HP cepat habis. (Freepik/rawpixel)

jurnalistika.id – Baterai handphone (HP) yang cepat habis bukan masalah yang harus ditangani dengan kepanikan, karena ada ada berbagai cara untuk mengatasinya. Namun, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab daya dari smartphone itu cepat terkuras agar lebih mengerti solusinya.

Dengan memahami penyebab baterai cepat habis dan mengikuti solusi yang tepat, maka kamu bisa memperpanjang masa pakai menjadi lebih lama. Karena masalah seperti ini bisa sangat menjengkelkan apalagi sedang dalam perjalanan yang tidak memiliki sumber daya listrik untuk mengisi ulang.

7 Penyebab Baterai Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut setidaknya lima penyebab HP cepat habis dan cara mengatasinya.

1. Cahaya Layar Terlalu Terang

Jika kamu biasa meningkatkan layar HP hingga terlalu terang, ini bisa membuatnya cepat habis. Karena layar merupakan salah satu komponen paling boros dalam hal penggunaan daya pada gadget. Hal ini bisa dilihat pada pengaturan tentang penggunaan baterai, biasanya layar akan berada di urutan paling atas.

Baca juga: 4 Teknologi Peredam Polusi Udara, Salah Satunya Baru Dipakai di Jakarta

Cara mengatasi agar layar tidak terlalu menguras baterai smartphone kamu adalah dengan menurunkan kecerahan ke tingkat lebih rendah. Bisa juga mengaktifkan mode otomatis agar menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan sekitar.

2. Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Faktor yang satu ini juga cukup sering ditemukan pada banyak pengguna HP. Mereka membiarkan aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga menguras daya lebih cepat karena terus beroperasi.

Selain itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga terus mengakses data, membuat prosesor aktif, memberikan pemberitahuan dan sinkronisasi. Beberapa hal itu lah yang membuat sumber daya sistem digunakan padahal tidak sedang dipakai.

Kamu bisa menyiasati masalah ini dengan memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Lalu hentikan yang tidak perlu, bisa juga menggunakan fitur manajemen daya yang disediakan oleh sistem operasi gadget terkait.

3. Fitur Auto Download dan Update Aktif

Mengaktifkan fitur auto download dan update otomatis memang dapat memperbarui aplikasi secara otomatis. Tetapi dampak buruk yang dihadirkan bisa menyedot baterai yang lebih besar.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menonaktifkan fitur ini agar baterai HP lebih tahan lama. Atau agar bisa tetap update cukup aktifkan ketika perangkat terhubung dengan WIFI. Dengan demikian bisa jadi baterai menjadi lebih irit pemakaian.

4. Penggunaan GPS Berlebihan

Alasan mengapa penggunaan GPS berlebihan dapat menguras baterai dengan cepat. Karena dalam menjalankan teknologi ini membutuhkan daya tinggi dan intensif. Termasuk menjalankan sensor GPS, accelerometer dan kompas digital.

Baca juga: 5 Tanda HP Terkena Sadap dan Langkah Perlindungannya

Solusinya cukup aktifkan GPS saat kamu benar-benar membutuhkannya dan pastikan untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Cara lain, pilih hanya menggunakan GPS saat aplikasi tertentu digunakan.

5. Widget Terlalu Banyak

Banyak yang tidak menyadari kalau membuat widget terlalu banyak seperti widget cuaca, berita atau pemantauan media sosial ternyata bisa membuat baterai HP cepat habis. Ini dikarenakan berbagai widget tersebut bisa mengambil data dari internet atau sumber lainnya yang berakibat daya terkuras cepat.

Dengan demikian kamu perlu menghapus widget yang tidak perlu untuk mengatasi masalah tersebut. Cukup menampilkan apa yang memang benar dibutuhkan saja.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini

baterai HP cepat habis

handphone

HP

smartphone


Populer

Berapa Anak Bisa Dapat Makan Siang Gratis Jika Dipangkas Rp7.500 dengan Anggaran Rp71 T?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami