Jurnalistika
Loading...

Profil Singkat 4 Calon Pelatih Persib Pengganti Luis Milla

  • Arief Rahman

    18 Jul 2023 | 09:45 WIB

    Bagikan:

image

Calon pelatih yang disebut bakal menggantikan Luis Milla di Persib Bandung. (Dok. Persib/Bhayangkarafc)

jurnalistika.id – Terdapat beberapa nama yang disebut-sebut bakal menjadi calon pelatih Persib Bandung pengganti Luis Milla untuk melanjutkan perjalanan klub asal Jawa Barat itu menjalani kompetisi ke depan. Ditambah saat ini BRI Liga 1 musim 2023-2024 juga sudah berjalan hingga pekan ketiga.

Sebelumnya, secara mengejutkan Luis Milla mundur dari kursi kepelatihan Persib Bandung pada Sabtu (15/7/2023). Tepatnya sehari setelah hasil imbang yang didapat Marc Klok dan kawan-kawan saat menjamu Dewa United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dalam lanjutan laga pekan ketiga BRI Liga 1.

Keputusan Luis Milla mengundurkan diri dari Persib disampaikan saat konferensi pers di Graha Persib. Juru taktik asal Spanyol itu mundur karena alasan personal.

Tak lama setelah itu, kabar calon pelatih Persib untuk menggantikannya pun menyeruak ke permukaan. Sejumlah nama berpengalaman di Indonesia mulai muncul, bahkan ada di antaranya yang sempat melatih Persib.

Profil Singkat 4 Calon Pelatih Persib Pengganti Luis Milla

Adapun nama-nama tersebut antara lain Mario Gomez, Paul Munster, Dejan Antonic, dan Jacksen F Tiago. Berikut telah dirangkum profil singkat keempat yang disebut sebagai calon juru taktik Maung Bandung tersebut.

1. Mario Gomez

Juru taktik kelahiran Mar del Plata, Argentina pada  27 Februari 1957 ini memiliki nama lengkap Roberto Carlos Mario Gomez. Dia terbilang sudah familiar dengan sepak bola Indonesia, karena sudah beberapa kali melatih klub di Tanah Air.

Mengawali karier sebagai asisten pelatih di Valencia kemudian sempat menjadi pelatih kepala di RCD Mallorca. Persib Bandung merupakan klub pertama yang dilatih Mario Gomez di Indonesia pada musim 2017-2018 lalu.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Usai Duel Persija vs Bhayangkara FC di BRI Liga 1

Kemudian dia melanjutkan perjalanannya sebagai pelatih ke Borneo FC pada 2019, tak lama setelahnya pindah ke Arema FC periode 2020. Lalu pulang lagi ke Borneo FC sebelum meninggalkan Indonesia. Saat ini, Mario Gomez memiliki status tanpa klub dan klub terakhir yang dilatih adalah klub Atletico Gimnasia.

2. Paul Muster

Paul Muster juga masuk dalam daftar pelatih yang disebut akan menjadi pengganti Luis Milla di Persib. Berdasarkan jejak karier juru taktik berusia 41 tahun ini, dia sudah pernah merumput di Indonesia yaitu pelatih Bhayangkara FC 2019 lalu.

Meski baru dua musim merumput di Indonesia. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Paul Muster sudah memiliki segudang pengalaman dalam dunia kepelatihan. Dia bahkan pernah ditunjuk menangani Timnas Vanuatu untuk tampil di ajang bergengsi. 

Saat ini, pemegang lisensi Pro UEFA ini merupakan direktur teknis di Timnas Brunei Darussalam. Dengan posisi tersebut sangat memungkinkan dia menjadi pelatih baru bagi persib.

3. Dejan Antonic

Dejan Antonic merupakan pelatih berlisensi Pro UEFA kelahiran dan memiliki paspor Serbia. Di usianya yang sudah 54 tahun, Antonic juga merupakan juru taktik yang sudah pernah menangani Persib dan beberapa klub Indonesia.

Borneo FC, Madura United, PSS Sleman adalah klub-klub yang pernah mendapatkan jasa Antonic. Sementara Barito Putera merupakan tim terakhirnya sebagai pelatih, karena saat ini dia berstatus tanpa klub.

4. Jacksen F. Tiago

Terakhir, Jacksen F Tiago bisa dibilang sudah sangat hafal dengan sepak bola tanah Air. Karena selain berkarier sebagai pelatih, dia terlebih dulu lama menjadi seorang pemain dengan membela sejumlah klub di Indonesia.

Karier sebagai pelatih kepala dimulai ketika menangani Assyabaab, kemudian lanjut ke Persebaya, Persita, Persiter Ternate, Mitra Kukar, Persitara, dan Persipura. Pada 2013 lalu, Jacksen pun dipercaya menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Tetapi setahun setelahnya dia kembali melatih klub.

Persis Solo merupakan klub terakhir yang dilatih sebelum mengundurkan diri pada musim 2022-2023 lalu. Sementara saat ini, Transfermarkt mencatat Jacksen masih menjadi Manajer Akademi Persis.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

calon pelatih Persib

Luis Milla

Persib Bandung


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami