Jurnalistika

Muhammad Ali vs Joe Frazier : Mengenang 50 Tahun Pertarungan Brutal Abad 20

  • Muhammad Nabil Sholahudin

    07 Des 2021, 15:29 WIB

    Bagikan:

image

Muhammad Ali VS Joe Frazier

jurnalistika.id – 3 Agustus 1971 menjadi tanggal yang patut dikenang dalam sejarah dunia tinju. Tanggal tersebut menjadi moment duel besar dan paling “brutal” abad 20 yang mempertemukan Muhammad Ali vs Joe Frazier.

Duel bertajuk “The Fight of The Century” itu dihelat di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat. 15 ronde terasa sangat menegangkan bagi kedua pemain.

Pada pertarungan Muhammad Ali vs Joe Frazier pertama, Ali kerepotan dengan gaya bertarung Frazier. Akhirnya Frazier memenangkan laga dan Ali menelan kekalahan perdana sepanjang karir profesionalnya. .

Duel antara mereka kembali dihelat 8 Januari 1974 di tempat yang sama. Dengan semangat, Ali ingin membalas kekalahannya tiga tahun silam. Pada saat itu Joe Frazier baru saja kehilangan sabuk juara WBC dan WBA setelah kalah dengan George Foreman di Jamaika.

Pertarungan kali ini, Ali lebih agresif dan mengubah pola bertarung dari sebelumnya dan lebih banyak memberikan pukulan mendarat yang lebih tinggi dibandingkan pukulan lurus ke wajah Joe. Ali berhasil menang melalui akumulasi angka.

Tidak berhenti sampai di situ, keduanya kembali dipertemukan untuk ketiga kalinya di Filipina pada 1 Oktober 1975. Laga besar bertajuk “The Thrilla in Manila” kembali menjadi laga yang “brutal”.

Joe Frazier tidak bisa meraih kemenangan ketika Muhammad Ali berhasil menghajar TKO jelang ronde ke-15. Frazier hampir menemui ajalnya ketika memaksa untuk lanjut bertarung ketika pelatihnya sudah melarangnya.

Hasilnya Frazier mengalami buta sementara dan tidak diperbolehkan untuk berlaga selama 10 bulan. Sedangkan Ali
menyatakan pertarungan tersebut telah menuntut dirinya begitu dekat dengan kematian.

Dalam biografinya, Ali sempat berkata, “Frazier berhenti sebelum saya. Saya pun tak berpikir bisa melawannya lagi saat itu.”

Kini kedua legenda itu sudah tidak ada, Joe Frazier meninggal di usia 67 tahun karena penyakit kanker hati, sedangkan Muhammad Ali wafat pada 03 Juni 2016 usai melawan parkinson dan gangguan pernapasan, sosok inspiratif dan kontroversial itu meninggal akibat infeksi pada organ tubuhnya.

Baca Juga:

Joe Frazie

Muhammad Ali

Olahraga

Smokin Joe

Tinju

WWF


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami