Jurnalistika

BWF World Tour Finals 2021 : Kontingen Indonesia Siap Berlaga

  • Jurnalistika

    02 Des 2021, 02:13 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam laga Indonesia Master 2021 di Nusa Dua Bali. Antara Foto/Agustinus Tri Mulyadi

jurnalistika.id – BWF World Tour Finals edisi ke-4 2021 akan digelar di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Indonesia. Daftar peserta dan jadwal pertandingan sudah dirilis.

BWF World Tour Finals menjadi laga puncak rangkaian turnamen bulu tangkis yang diadakan setiap Bulan Desember sejak tahun 2018. Kini BWF Word Tour Final tengah memasuki edisi ke-4 tahun 2021.

Peserta BWF World Tour Finals merupakan 8 peserta terbaik yaitu pemain/pasangan bulu tangkis terbaik yang didapatkan dari klasemen skor BWF World Tour Finals selama satu tahun event bulu tangkis BWF digelar. Setiap negara hanya boleh mengirimkan maksimal 2 perwakilan di setiap sektornya.

Keistimewaan didapat untuk sang juara olimpiade, meski tidak masuk 8 besar klasemen skor tertinggi, mereka tetap bisa masuk menggantikan rangking 8 yang digugurkan.

4 Kontingen Indonesia Siap Berlaga Pada BWF World Tour Finals 2021

Indonesia sebagai tuan rumah, mengirimkan 4 perwakilan terbaiknya dari 3 sektor. Dua perwakilan dari sektor ganda putra (MD) yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang saat ini memuncaki klasemen perolehan skor BWF, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di posisi ke-6, yang sejatinya bukan unggulan.

Mereka lolos ke World Tour Finals (WTF) 202 setelah ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dikalahkan oleh Marcus/Kevin pada semifinal Indonesia Open 2021

Satu perwakilan dari sektor ganda putri (WD) yaitu Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan dari sektor ganda campuran (XD) diwakili oleh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Keistimewaan didapatkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang lolos karena meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 meski tidak masuk 8 besar tertinggi perolehan skor BWF.

Berdasarkan rilis resmi jadwal BWF World Tour Finals edisi ke-4 2021 akan digelar mulai Rabu, 1 Desember 2021 hingga Minggu, 5 Desember 2021.

Penyisihan fase grup dimainkan pada Rabu, 1 Desember 2021 sampai dengan Jumat, 3 Desember 2021.

Babak semifinal berlangsung pada Sabtu, 4 Desember 2021 dan laga final pada Minggu, 5 Desember 2021.

*Penulis: Dodik Suprayogi (Alumni D3 Pertanian Politeknik Negeri Jember)

Baca Juga:

Bali

BWF World Tour

Greysia Polii/Apriyani Rahayu


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami