Jurnalistika
Loading...

4 Fakta Menarik Sir Jim Ratcliffe, Miliarder yang Beli 25 Persen Saham Manchester United

  • Arief Rahman

    26 Des 2023 | 08:55 WIB

    Bagikan:

image

Sir Jim Ratcliffe. (X (Twitter) @ManchesterUnited)

jurnalistika.id – Miliarder asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe akhirnya menyelesaikan pembelian 25 persen saham Manchester United setelah lebih dari setahun sejak pengumuman klub akan dijual. Meski hanya membeli saham minoritas, sebagai bagian dari kesepakatan Ratcliffe tetap diberikan tanggung jawab atas operasional klub.

Dilansir dari Independent pada Selasa (26/12/2023), selain membeli 25 persen saham Manchester United, Sir Jim Ratcliffe juga akan menginvestasikan 300 juta dolar Amerika untuk Setan Merah. Dua pertiga dari jumlah tersebut akan tersedia, sisanya bakal menyusul pada akhir 2024.

Pemilik raksasa petrokimia INEOS itu memang sudah lama dikabarkan ingin membeli saham Manchester United. Bahkan disebut-sebut dia berani membeli saham mayoritas The Reds Devils. Namun tidak mencapai kesepakatan dengan keluarga Glazer selaku pemilik saat ini.

Baca juga: Satu Grup dengan Jepang, Shin Tae Yong Tetap Optimis Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia

Lantas siapa sebenarnya Sir Jim Ratcliffe? Berikut beberapa fakta menarik sosok salah satu orang terkaya di Inggris tersebut yang perlu diketahui.

1. Pengusaha Berdarah Manchester

Sir Jim Ratcliffe adalah pengusaha kelahiran 18 Oktober 1952 di Failsworth, sebuah kota di Metropolitan Borough of Oldham di Manchester Raya, Inggris. Sebagai seorang miliarder asal Manchester, tak heran jika dia memiliki tim dari tanah kelahirannya.

2. Merupakan Fans MU Sejak Usia Muda

Bukan hanya lahir, tetapi Ratcliffe juga mengaku merupakan seorang penggemar berat Manchester United sejak usia muda. Hal ini pernah diungkapkan kepada Financial Time pada Oktober 2022 lalu, dan sampai saat ini juga masih setia mendukung.

“Saya adalah penggemar Manchester United seumur hidup. Saya ada di sana dalam pertandingan paling luar biasa pada 1999 di Barcelona. Itu sangat terukir dalam pikiran saya, ” kata Ratcliffe

3. Pernah Mencoba Beli Chelsea

Menurut laporan Independent, Ratcliffe pernah mencoba mengajukan tawaran ketika taipan Rusia Roman Abramovich menjual Chelsea setelah dia diberi sanksi oleh pemerintah karena invasi Ukraina dan hubungannya dengan Vladimir Putin.

Tawaran terakhir Ratcliffe bernilai 4,25 miliar poundsterling atau setara dengan Rp83,4 triliun. Namun, dia kalah dari Todd Boehly dan konsorsium Clearlake yang kini memiliki The Blues.

4. Punya Klub di Beberapa Negara

Manchester United bukan satu-satunya klub yang sahamnya dimiliki oleh Ratcliffe. Dia juga memiliki klub Liga Super Swiss, Lausanne-Sport yang pernah mendatangkan pemain terkenal, seperti putra Zidane, Enzo Zidane.

Ratcliffe juga merupakan pemilik klub Liga Prancis, Nice yang dibeli seharga 100 juta euro. Perusahaan miliknya, INEOS Grenadiers juga menjadi sponsor untuk klub ini.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

liga inggris

Manchester United

Sir Jim Ratcliffe


Konten Sponsor

Populer

Angin Puting Beliung Ngamuk di Rancaekek-Jatinangor, BMKG Beri Penjelasan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami