Jurnalistika
Loading...

Selain Indonesia, 6 Negara Ini Juga Mulai Puasa Ramadhan 2024 pada 12 Maret

  • Arief Rahman

    12 Mar 2024 | 09:25 WIB

    Bagikan:

image

Deretan negara yang mulai puasa Ramadhan 2024 pada 12 Maret. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Selain Indonesia, beberapa negara lain di dunia juga menetapkan awal Ramadhan 1445 H/2024 pada hari ini, Selasa (12/3/2024). Untuk menentukan awal bulan baru qamariyah diambil dengan menggunakan metode serupa dengan Indonesia yakni hisab dan rukyatul hilal.

Berikut enam negara yang juga mulai awal puasa Ramadhan 2024 pada hari ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Oman

Dalam pengumuman Komite Utama Penampakan Bulan dari Kementerian Wakaf dan Agama (MERA) Oman disebutkan, hilal belum terlihat pada Minggu (10/3) malam. Karenanya, diputuskan warga muslim di Oman baru akan mulai puasa Ramadhan pada Selasa (12/3).

Filipina

Pihak berwajib terkait urusan agama di Filipina, Bangsamoro, mengumumkan umat Islam di negara ini sudah mulai puasa pada Selasa (12/3).

Baca juga: Link dan Cara Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H/2024 Sesuai Wilayah

Ketetapan ini diambil setelah melihat Matahari terbenam pada Minggu (10/3) malam masih menunjukkan hilal terlalu kecil.

Malaysia

Sementara muslim di Malaysia juga memulai puasa Ramadhan 2024 pada Selasa. Dilansir dari Roya News, penetapan diketahui setelah otoritas Islam setempat mengumumkan hasil perhitungan astronomi.

Singapura

Perhitungan astronomi yang dilakukan saat Matahari terbenam di Singapura pada Minggu malam menunjukkan keterlihatan hilal masih terlalu kecil. Sehingga awal Ramadhan di Singapura baru mulai Selesa.

Brunei Darussalam

Kesultanan Brunei menetapkan awal Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa. Sebab,hilal tidak terlihat usai dilakukan pengamatan di berbagai lokasi.

Australia

Lembaga keagamaan Australia yakni Mufti Australia, Dewan Imam Federal, Dewan Fatwa Australia, serta Dewan Fatwa dan Arbitrase Syariah mengumumkan bulan Syaban berakhir pada Senin (11/3). Sehingga keesokan harinya, Selasa (12/3) sudah memasuki awal Ramadhan.

Baca juga: 5 Amalan Ringan di Bulan Ramadhan, Perbanyak Pahala Selama Bulan Suci

Sementara negara-negara yang sudah mulai puasa sejak Senin, 11 Maret 2024 antara lain adalah Palestina, Mesir, Uni Emirat Arab, Turki, dan Arab Saudi. Begitu juga di negara Eropa seperti Inggris, Belanda, dan Jerman.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Ramadhan 1445 H

Ramadhan 2024


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami