Jurnalistika
Loading...

5 Amalan Ringan di Bulan Ramadhan, Perbanyak Pahala Selama Bulan Suci

  • Jurnalistika

    05 Mar 2024 | 10:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi menjalankan amalan pada bulan Ramadhan. (Pexels/Thirdman)

jurnalistika.id – Bulan Ramadhan 2024 sudah di depan mata, sudah saatnya mengetahui beberapa amalan ringan untuk diamalkan. Tujuannya supaya dapat memperbanyak pahala selama bulan suci penuh berkah ini.

Ramadhan memiliki keutamaan dari bulan lainnya dan banyak keberkahan yang bisa diraih. Umat Islam jangan sampai membuang kesempatan untuk memperbanyak pahala, karena belum tentu masih bisa berjumpa puasa tahun berikutnya.

5 Amalan Ringan di Bulan Ramadhan

Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, berikut beberapa amalan ringan yang bisa dijalankan pada Ramadhan.

1. Perbanyak Dzikir

Dzikir merupakan amalan yang mudah dilakukan dan bisa dilakukan setiap waktu. Baik selagi bekerja, saat dalam perjalanan, waktu senggang, bersih-bersih rumah, menyiapkan menu buka puasa, dan sebagainya.

Amalan berdzikir dijelaskan dalam Al Qur’an Surah Ar-Ra’d ayat 28 yang bunyinya seperti berikut:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُۗ

Artinya:”(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.

Baca juga: Harga Beras Masih Tinggi Jelang Ramadhan, Pemerintah Sebut Baru Turun Saat Panen Raya

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi juga menjelaskan bahwa membasahi lisan dengan berdzikir kepada Allah adalah perbuatan yang baik dilakukan.

3. Rutin Sedekah Setiap Hari

Bersedekah tidak harus dengan jumlah besar, karena sekecil apa pun yang diberikan tentu memiliki pahala. Terlebih jika dilakukan setiap hari.

Rasulullah bersabda dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya sebagai berikut.

Dari Abu Darda’ ra. Rasulullah –shallallahu ‘alayhi wa sallam– bersabda, “Setiap pagi yang dilalui seseorang, ada dua malaikat yang turun, yang pertama berdoa: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.’ Sementara yang kedua berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Memberi Makan Hewan

Amalan ringan pada Ramadhan selanjutnya juga bisa dengan memberikan hewan makan. Dalam ajaran Islam, perbuatan baik tidak hanya untuk sesama manusia, melainkan bagi seluruh alam.

Dalam sebuah kisah yang termuat hadits, ada cerita tentang seorang pria berjalan dan merasa kehausan. Kemudian dia turun ke sumur dan minum.

Baca juga: Tata Cara Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Lengkap dengan Doa dan Artinya

Saat dia keluar ternyata ada seekor anjing sedang menjulurkan lidahnya menjilati tanah basah karena kehausan. Lalu pria tadi kembali ke sumur untuk mengisi air yang ditampung di sepatunya. 

Setelah sampai kembali ke atas, ia pun memberikan minum kepada anjing itu. Allah selalu mengampuni pria tersebut.

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah menolong binatang juga memperoleh pahala?

Rasulullah menjawab, “Menolong setiap makhluk yang bernyawa itu ada nilai pahala (sebagai balasan atas perbuatan baik padanya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Membeli Dagangan Orang yang Butuh

Ketika melihat ada seorang pedagang seperti difabel, berusia tua, fakir miskin, coba untuk membelinya. Sebab, itu bisa menjadi amalan ringan pada Ramadhan.

Perbuatan ini sangat mudah dilakukan dan juga bisa membuat orang lain bahagia. Meski tidak sedang butuh, bisa dibeli untuk kemudian disedekahkan kepada orang lain, sehingga bisa mendapat pahala berlipat.

5. Junjung Tinggi Akhlak Mulia

Sebenarnya tidak hanya dilakukan pada Ramadhan saja, akhlak mulia bisa diterapkan setiap saat. Namun, terkadang istilah ini lebih mudah diucapkan daripada dijalankan.

Baca juga: 4 Doa Menyambut Bulan Ramadhan, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

Untuk itu, cobalah selama bulan suci Ramadhan junjung tinggi akhlak mulia kepada semua orang. Terlebih kepada orang tua dan keluarga.

Akhlak mulia dimulai dari ucapan, kemudian diimplementasikan lewat perbuatan. Seperti tidak menyakiti orang lain.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

amalan ramadhan

Ramadhan

Ramadhan 1445 H

Ramadhan 2024


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami