Jurnalistika
Loading...

Sejarah Tercipta! Indonesia Lolos R3 Kualifikasi Pildun 2026 Usai Gilas Filipina

  • Arief Rahman

    11 Jun 2024 | 21:57 24IB

    Bagikan:

image

Skuad Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia mencetak sejarah baru dengan berhasil lolos untuk pertama kalinya ke ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Rekor luar biasanya ini tercipta setelah menggilas Filipina 2-0.

Duel Timnas Indonesia vs Filipina merupakan laga pamungkas Grup F Kualifikasi Pildun 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/6/2024) malam WIB. Dua gol bagi Indonesia masing-masing dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho.

Baca juga: Hasil Drawing Piala AFF 2024: Timnas Indonesia Ketemu Musuh Bebuyutan di Grup B

Berkat kemenangan ini Indonesia berhasil finis di peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan torehan sembilan poin. Dengan begitu skuad Garuda tidak lagi perlu melihat hasil pertandingan Irak vs Vietnam.

Sebab, Merah Putih sudah dipastikan mendapatkan satu tempat ke ronde ketiga untuk pertama kalinya dalam sejarah. Di babak selanjutnya Indonesia berpotensi menghadapi tim-tim favorit seperti Arab Saudi, Oman, Korea Selatan, Jepang, hingga Iran.

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia menunjukkan superioritasnya sejak peluit awal dibunyikan. Anak asuh Shin Tae-yong langsung menggempur pertahanan Filipina, memaksa lawan untuk bertahan total.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tampil sangat agresif, melepaskan total 11 tembakan sepanjang babak pertama. Dari jumlah tersebut, empat tembakan berhasil mengarah tepat ke gawang yang dijaga oleh Kevin Ray Mendoza. 

Serangan bertubi-tubi ini memperlihatkan betapa dominannya Timnas Indonesia di lini depan. Di sisi lain, Filipina kesulitan untuk keluar dari tekanan. 

Mereka hanya mampu mencatatkan satu tembakan sepanjang babak pertama. Sayangnya tembakan tersebut tidak mengarah ke gawang.

Puncak dari dominasi Indonesia terjadi pada menit ke-33, ketika Thom Haye berhasil memanfaatkan peluang emas. Lewat satu tembakan keras dan terukur, Haye sukses membobol gawang Kevin Ray Mendoza, membawa Indonesia unggul 1-0. 

Gol tersebut menjadi satu-satunya gol di babak pertama dan membuat para pendukung Timnas bersorak gembira.

Babak kedua

Memasuki babak kedua dengan keunggulan 1-0, Indonesia langsung menggebrak setelah rehat. Agresivitas yang ditunjukkan pada babak pertama tak mereda sedikit pun. 

Bahkan, serangan demi serangan terus dilancarkan ke pertahanan Filipina. Oratmangoen mendapat dua peluang emas di depan gawang, namun sayangnya belum jadi gol.

Filipina sempat memberikan ancaman lewat percobaan dari Jesper Nyholm yang hampir saja menyamakan kedudukan. Tetapi, bola hasil tembakannya hanya berakhir di samping gawang.

Pada menit ke-56, Indonesia berhasil memperbesar keunggulan lewat sebuah gol indah. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi dengan sempurna oleh Nathan Tjoe-A-On, bola dikirimkan ke depan gawang dan disambar oleh sundulan Rizky Ridho. 

Sundulan tersebut tak mampu dihalau oleh kiper Filipina, membuat skor berubah menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Timnas Indonesia hampir mencetak gol ketiga pada menit ke-71. Jay Idzes, yang menyambut sepak pojok, melakukan sundulan keras namun bola hanya membentur tiang gawang. Hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit, skor tetap bertahan 2-0.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Filipina (4-2-3-1): Kevin Ray Mendoza; Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico; Dylan Demunyck, Michael Baldisimo; Kevin Ingreso, Fico Bailey, Alex Monis; Patrick Reichelt.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Filipina

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami