Jurnalistika
Loading...

Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Penting Daun Kemangi untuk Kesehatan

  • Jurnalistika

    24 Nov 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan. (Pixabay/MMWoolly)

jurnalistika.id – Daun kemangi mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, karena sudah umum dijadikan lalapan. Sering juga dijadikan sebagai bahan pelengkap resep makanan.

Selain itu, daun kemangi juga sudah menjadi teman makan ketika kulineran di warung pecel lele, yang merupakan masakan khas Indonesia. Bahkan bagi sebagian orang mungkin merasa tidak lengkap menyantap pecel lele tanpa adanya daun kemangi.

Nah, ternyata selain dijadikan lalapan dan bahan pelengkap resep makanan, daun kemangi rupanya memiliki manfaat juga untuk kesehatan. Sebab, tumbuhan ini mengandung sejumlah nutrisi dan antioksidan.

5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima manfaat penting daun kemangi bagi kesehatan yang kemungkinan masih jarang diketahui banyak orang.

1. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun kemangi bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya dan juga adanya vitamin C.

“Daun kemangi mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga bisa bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dikutip dari Klikdokter.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental, Bantu Kurangi Rasa Cemas

Dengan kekayaan flavonoid sebagai antioksidan alami di dalam kemangi mampu menjadi perisai tubuh dari dampak buruk radikal bebas yang dapat merugikan sistem kekebalan. Tumbuhan ini bisa jadi solusi bagi yang ingin meningkatkan sistem imunitas.

2. Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kemangi diyakini dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena kandungan senyawa aktif di dalamnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mengandung flavonoid, terpenoid, hingga asam fenolat. Kandungan itu dapat berperan dalam mengatur kadar gula darah.

3. Bermanfaat untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Adanya Eugenol dalam daun kemangi bisa bermanfaat untuk memblokir saluran kalsium. Sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah yang kemudian berpengaruh pada penurunan risiko penyakit jantung.

Baca juga: 8 Manfaat Garam Selain Menambah Cita Rasa Masakan

Selain itu, kemangi juga kaya akan magnesium yang dapat mendukung peningkatan aliran darah. Kandungan ini berkontribusi pada relaksasi otot dan pembuluh darah untuk menciptakan kondisi yang lebih optimal.

4. Menjadi Pelindung Tubuh dari Infeksi

Daun kemangi tak hanya memiliki aroma segar, melainkan juga kekuatan antibakterinya yang bisa membela tubuh. Khususnya bagi mereka yang sedang berjuang melawan infeksi pernapasan, saluran kemih, gangguan perut, atau masalah kulit.

Aksi antimikroba dari senyawa di dalam Ocimum basilicum terbukti mampu mengatasi berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri Gram-positif. Jenis bakteri ini dapat menjadi pemicu berbagai penyakit serius, seperti meningitis, pneumonia, atau infeksi kulit.

5. Daun Kemangi Bisa Mencegah Kanker

Terakhir, daun kemangi memiliki sifat fitokimia yang dapat berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit.

Temuan ini didukung oleh penelitian dari Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI) Journal, yang menunjukkan bahwa ekstrak kemangi mengandung senyawa bioaktif yang berpotensi efektif untuk mencegah dan mengobati kanker.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara lebih mendalam. Bagaimana senyawa fenolik dalam daun kemangi berperan dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Sebenarnya masih banyak manfaat daun kemangi bagi kesehatan lainnya. Namun, walaupun daun kemangi memiliki sederet manfaat, aturan jumlah konsumsinya tetap harus diperhatikan sesuai anjuran ahli kesehatan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

daun kemangi

manfaaat daun kemangi

manfaat


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami