Jurnalistika
Loading...

8 Manfaat Garam Selain Menambah Cita Rasa Masakan

  • Sultan Alfharo

    31 Agt 2023 | 20:55 WIB

    Bagikan:

image

(Pexels/Lorena Martinez)

jurnalistika.id – Garam adalah salah satu bumbu dapur yang tak tergantikan, dan menjadi penyedap rasa untuk masakan sehari-hari. Rasa asin dari garam mampu memperkaya cita rasa makanan dan menjadikannya komponen penting dalam setiap hidangan.

Tetapi, apakah kamu tahu bahwa garam tak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa? Di balik perannya dalam menciptakan rasa lezat pada makanan, garam memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengejutkan. 

Mau tahu lebih lanjut? Berikut 8 manfaat garam yang jarang diketahui.

1. Garam mampu menyembuhkan luka ringan

Tahukah kamu kalau garam mampu menyembuhkan luka ringan? Garam memiliki sifat antiseptik alami, yang dapat membantu membersihkan dan merawat luka. Larutan dari garam dapat digunakan untuk membersihkan luka kecil, luka bakar ringan, dan infeksi pada kulit.

2. Menjadi pengawet makanan

Sebelum adanya lemari es, garam telah digunakan sebagai pengawet alami untuk makanan. Proses pengasinan makanan dengan garam membantu menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang dapat merusak makanan.

Pengawetan dengan penggaraman yang biasanya menggunakan garam dapur dapat menunda terjadinya proses autolisis dan dapat membunuh bakteri. Dengan rendahnya pertumbuhan dan aktivitas bakteri ini maka bahan pangan dapat memiliki masa simpan lebih lama

3. Mampu menyehatkan kulit

Mandi menggunakan air garamlaut, ternyata dapat membantu mengurangi peradangan, meredakan nyeri otot, dan menjaga kesehatan kulit kamu. Dan tentunya garam juga dapat digunakan sebagai eksfolian alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain itu, kandungan pada garam mampu atasi kulit kering dan berminyak. Caranya mudah, cukup campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 400 ml air hangat, kemudian masukan ke dalam botol semprot. 

Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke wajah 2 kali sehari. Perlu kamu ketahui larutan garam dapat meremajakan kulit wajah dan membuat kulit lebih lembab dan tidak berminyak.

4. Dapat membersihkan noda kopi dan teh

Jika kamu adalah pecinta kopi atau teh, pasti kamu sering menemukan noda-noda coklat di cangkir setelah minumanmu habis. Noda tersebut dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan garam, kamu hanya perlu menggosokkan garam dapur menggunakan spon sampai noda menghilang. 

Biarkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih, maka kamu akan dapatkan kembali cangkir bersih dan mengkilap. Sungguh mudah bukan?

5. Mampu membersihkan bakteri di daerah gigi dan mulut

Selain menjadi penyedap masakan, larutan garam dapat kamu gunakan untuk berkumur dan menjaga gigi agar tetap sehat. Memasukan saja garam setengah sendok ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur selama 30 detik.

Larutan dari garam ini dapat membuat gigi tetap sehat dan lebih kuat. Kenapa? karena halogen dalam garam mampu memusnahkan bakteri yang ada di mulut dan gigi.

6. Sebagai pengatur tekanan darah

Meskipun konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, asupan garam yang seimbang tetap penting. Natrium dalam garam dapat membantu tubuh kamu untuk mengatur tekanan darah dan volume cairan dalam tubuh.

Jadi kamu harus mengkonsumsi garam dengan bijak, karena semua yang berlebihan itu tidak sehat.

7. Garam sebagai pembersih

Selanjutnya garam dapat membantu menghilangkan noda membandel dari permukaan seperti karat pada peralatan dapur atau noda pada kain.

Garam bersifat abrasif dan dikombinasikan dengan zat asam lainnya seperti lemon dan cuka, yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah dan peralatan dapur.

Karena itu garam kerap digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan wastafel agar tidak mengeluarkan bau dan mencegah penumpukan lemak.

8. Dapat menghilangkan bau tak sedap dari sepatu

Penggunaan sepatu terlalu lama akan menyebabkan kondisi kaki menjadi lembab dan membuat sepatu mengeluarkan bau tak sedap. Campuran dari keringat akan membuat bau yang dikeluarkan sepatu menjadi sangat menyengat.

Jika kamu sering mengalami kondisi ini, kamu dapat mengandalkan garam dapur untuk menghilangkan bau. Masukan saja garam secukupnya ke dalam sepatu secara berkala, misalnya seminggu sekali saat tidak digunakan. Lakukan secara rutin, dan bau tak sedap dari sepatumu akan hilang.

Demikian segudang manfaat garam yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

bumbu dapur


Populer

Deretan Artis Masuk Radar Pilkada 2024, dari Pelawak hingga Musisi
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami