Jurnalistika

Ingin Jantung Sehat? Nah, Cobalah 5 Cemilan ini!

  • Ninda Utami

    05 Nov 2020, 15:57 WIB

    Bagikan:

image

Kacang Kenari (c) viva

jurnalistika.id – Selain menerapkan program diet dan olahraga, jantung yang sehat juga bisa kamu dapatkan dari cemilan yang kamu konsumsi, lho.

Protein tanpa lemak, biji-bijian dan sayuran itu adalah makanan yang harus masuk ke dalam daftar makanan yang akan kita konsumsi sehari-hari. Tetapi tanpa kamu sadari kamu kerap mengemil makanan yang mungkin tidak baik bagi kesehatan jantung.

Seperti yang kita ketahui, bukan rahasia lagi bila jantung adalah salah satu organ yang sangat vital bagi tubuh dan menjadi sangat penting untuk kita jaga.

Oleh sebab itu, kita perlu memastikan cemilan yang kita makan itu sehat bagi jantung atau tidak. Yuk simak ulasan jurnalistika berikut!

5 Cemilan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Oatmeal

Cemilan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya untuk sarapan, outmeal juga cocok menjadi cemilan di siang atau sore hari. “Oatmeal dan oat bran dapat menurunkan kolesterol yang terkait dalam senyawa beta-glukan, merupakan serat larut yang kuat.” tutur Layne Lieberman, RD., seorang ahli gizi kuliner sekaligus penulis buku “Beyond the Mediterranean Diet: European Secret of the Super-Healthy”.

Tapi kamu perlu berhati-hati karena saat ini banyak sekali produk olahan oatmeal yang dijual di pasaran.

Pastikan anda mengonsumsi oatmeal non-olahan karena oatmeal olahan atau kemasan biasanya banyak mengandung pemanis buatan.

2. Kacang Kenari

Cemilan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang memiliki reputasi yang kuat karena baik untuk kesehatan jantung. Salah satunya adalah kacang kenari yang mengandung asam lemak Omega-3 dalam jumlah yang cukup banyak daripada kacang lainnya.

Lieberman berpendapat bahwa Omega-3 dapat menurunkan trigliserida atau sejenis lemak dalam darah, yang dapat memperlambat plak di arteri.

Kacang kenari ini juga bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk membuat hummus kenari lho! Begini caranya, kamu cukup campurkan 19 ons kacang polong dengan 1/4 cangkir kacang kenari dalam blender kemudian tambahkan 3 sendok jus atau air lemon, lalu bumbui dengan jintan dan merica.

3. Edamame

edamame

Ini dia salah satu camilan yang menawarkan banyak manfaat bagi jantung. “Minyak kedelai relatif rendah lemak jenuhnya dan nol gram lemak trans per porsi.” pendapat dari seorang pakar kesehatan kedelai, Mark Messina, Ph. D. M.S.

Selain itu, kedelai juga mengandung vitamin E dan Omega-6 serta Omega-3 yang esensial atau dikenal dengan istilah lemak tak jenuh ganda yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Cara menikmatinya pun cukup mudah, kamu bisa mencampurkan edamame ke dalam sayuran favorit anda untuk meningkatkan nutrisi.

4. Tuna

Cemilan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan tuna juga termasuk camilan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dr. Matthew Budoff, M.D., ahli jantung dari Biomedical Research Institute di Los Angeles mengatakan bahwa, “Ikan kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu melindungi dari serangan jantung.”

Anda dapat menikmatinya dengan berbagai cara yang anda sukai. Omega-3 juga terdapat pada sumber-sumber lain seperti mackerel, ikan herring, trout, sarden, dan anchovies.

Dalam memilih tuna, baiknya pilih tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak untuk menjaganya tetap sehat.

5. Smoothies

minuman smoothies

Nah, ke empat camilan di atas belum lengkap kalau belum temani dengan minum smoothie, minuman yang terbuat dari beberapa buah-buahan dan sayuran.

Kamu dapat membuat smoothie yang menyehatkan jantung dengan pisang beku, segemggam bayam, satu buah mangga dan 1,5 cangkir susu almond.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Campuran Jeruk Nipis dan Jahe. Yuk Bikin di Rumah!

Lieberman berpendapat bahwa, “Bayam menambahkan antioksidan dalam dosis tinggi, termasuk vitamin C, vitamin E, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), mangan, seng dan selenium.” Terlebih lagi antioksidan dari makanan alami dapat menurunkan risiko aterosklerosis (penumpukan plak) dan tekanan darah tinggi.

Baiknya minumlah smoothie saat perut masih kosong dan segera habiskan smoothie tersebut agar oksigen tidak dapat merusak kandungan nutrisinya.

Nah, demikian itulah rekomendasi 5 cemilan sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Semoga bermanfaat!

cemilan sehat untuk jantung

DiRumahAja

Hidup sehat

Kesehatan jantung


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami