Jurnalistika

6 Manfaat Mandi Air Hangat yang Jarang Diketahui

  • Arif Rahman Nasution

    20 Jan 2023, 17:38 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi mandi air hangat (Pixabay/tookapic)

jurnalistika.id – Mandi air hangat dapat menghadirkan rasa nyaman dan bisa menenangkan tubuh serta pikiran. Ternyata selain itu, mandi air hangat juga memiliki sejumlah manfaat positif lain bagi diri sendiri.

Kendati demikian, bukan berarti mandi air hangat harus dijadikan rutinitas sehari-hari melainkan hanya dilakukan sebutuhnya. Untuk tahu lebih jauh tentang manfaatnya, simak pembahasannya di sini.

Manfaat mandi air hangat

Berikut 6 khasiat mandi air hangat yang jarang diketahui, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Menenangkan Otot yang Sakit

Setelah melakukan aktivitas olahraga bisa menjadi waktu yang tepat untuk merendam tubuh dengan mandi air panas. Dikutip dari Eating Well, penelitian menunjukkan bahwa air hangat dapat meredakan rasa sakit dan nyeri. 

Artinya saat melakukan olahraga yang menguras tenaga, mungkin bisa membuat otot tegang dan pegal. Air hangat bisa dipilih untuk menenangkan otot yang sakit.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Selain mengurangi rasa sakit, air hangat juga ternyata bisa meningkatkan kinerja otak. Hal ini terjadi, mungkin karena adanya peningkatan sirkulasi darah sehingga meningkatkan aliran darah ke otak.

Dengan peningkatan kinerja otak seseorang tentunya akan memberikan manfaat dalam beberapa hal, termasuk ketika ingin mengerjakan sesuatu yang sulit, atau bisa juga membuka pikiran ketika menghadapi kebuntuan saat dihadapkan pada satu masalah.

3. Membantu Melawan Depresi

Depresi menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang sering ditemukan pada semua kalangan umur. Menariknya, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jalur yang sama di otak yang mengatur suhu tubuh dapat terlibat dalam depresi.

Penelitian tersebut menemukan, mereka yang mandi air hangat dua kali 20 menit dalam seminggu memiliki perasaan lebih tenang dan bisa membantu melawan depresi. 

4. Membakar Kalori

Keringat baik yang disebabkan oleh air hangat dapat membakar kalori sebanyak tergantung berapa lama berendam. Tetapi bukan berarti memutuskan untuk berada di dalam air hangat dalam waktu yang lama.

Sebab, berendam air hangat terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan kulit, untuk itu lakukanlah sesuai dengan anjuran dan kebutuhan tubuh. Selain itu, jika ingin membakar kalori yang lebih banyak tentunya harus bersamaan dengan olahraga.

5. Melembabkan Kulit

Berendam dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan semua kotoran serta minyak yang menempel pada tubuh. Efek dari kehangatan dari air akan melembabkan kulit serta membuatnya terasa lembut.

Terapi berendam air hangat memang dikenal menjadi salah satu perawatan yang baik untuk kesehatan kulit, tetapi sesuai dengan anjuran para ahli. Karena itu jangan melakukan sendiri jika tidak mengerti.

6. Membantu Tidur Lebih Lelap

Salah satu teori mengklaim bahwa suhu inti tubuh yang lebih dingin akan membantu menginduksi tidur, itulah sebabnya beberapa ilmuwan merekomendasikan untuk tidur di ruangan yang dingin.

Terapi mandi air hangat sebelum tidur dapat memberikan hasil yang serupa, karena bisa membantu tubuh untuk mempersiapkan diri untuk tidur. Sehingga kemungkinan akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn)

mandi air hangat

manfaat air hangat


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami