Jurnalistika

Terapkan 7 Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

  • Sarah A

    24 Jan 2022, 07:07 WIB

    Bagikan:

image

Menjaga Kesehatan mata (c) Unsplash

jurnalistika.id – Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang harus kita perhatikan. Masalah pada mata akan bermunculan jika kita tidak merawatnya dengan benar.

Cara paling sederhana menjaga kesehatan mata adalah memperhatikan kebiasaan. Ingat! aktivitas Kamu sehari-hari tidak lepas dari peran mata sebagai indera penglihatan.

Dengan memiliki mata yang sehat, Kamu akan melihat sesuatu dengan jelas dan melakukan aktivitas sehari-hari pun akan lebih nyaman.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Karena penting menjaga Kesehatan mata, berikut ini kebiasaan yang dapat Kamu Lakukan? Simak sampai habis yaa.

1. Jaga Pola Makan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu asupan makanan. Makanlah makanan yang sehat dan seimbang. Makanan sehat yang dimaksud yaitu yang mengandung:

  • Asam lemak omega-3 tinggi (salmon, tuna, halibut, sarden)
  • Vitamin E (biji-bijian, kacang-kacangan, bibit gandum, minyak sayur)
  • Seng (daging sapi, kerang, kacang tanah, kacang-kacangan)
  • Vitamin C (jeruk, stroberi, brokoli, paprika, kubis brussel)
  • Lutein dan zeaxanthin (kangkung, bayam, brokoli, kacang polong)
  • Vitamin A dan beta karoten(wortel)

Makanan tersebut dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Selain itu, makanan seimbang juga dapat menurunkan obesitas dan penyakit seperti diabetes tipe-2 yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Olahraga teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat seperti mencegah atau mengontrol diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi yang merupakan penyebab beberapa masalah pada mata atau penglihatan seperti glaukoma dan degenerasi makula.

Berolahraga-lah setidaknya tiga kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit.

3. Pakai Kacamata Hitam

Pilih kacamata hitam yang mempunyai lensa untuk menghalangi 99% atau 100% sinar UVB dan UVA. Perlindungan di masa muda dapat mencegah hilangnya penglihatan di tahun berikutnya.

Tidak hanya bagi orang dewasa, bagi anak kecil pun penting untuk melindungi mata dari sinaran matahari. Pastikan anak-anak Anda memakai topi dan kacamata pelindung saat di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama.

Jangan pernah menatap langsung ke matahari bahkan jika mengenakan kacamata hitam sekalipun karena sinar matahari sangat kuat sehingga dapat merusak bagian sensitif retina.

Selain dari sinar matahari, melindungi mata di berbagai kegiatan juga penting di antaranya seperti saat berenang untuk menghindari klorin, saat berkebun untuk menghindari partikel debu atau bakteri.

4. Berhenti merokok

Merokok memang memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan, salah satunya kesehatan mata.

Merokok akan membuat Anda lebih rentan terkena degenerasi makula dan kondisi mata lainnya seperti katarak serta dapat merusak saraf optik sehingga berdampak buruk pada penglihatan Anda dari waktu ke waktu.

5. Perhatikan jarak penglihatan ke layar gadget

(c) istockphoto.com

Kamu perlu membatasi waktu untuk melihat layar komputer, tablet dan ponsel jika memungkinkan.

Silau dari layar komputer menyebabkan kelelahan otot pada mata, baik terlalu terang atau terlalu gelap. Jika menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan mata, penglihatan kabur, kesulitan fokus pada jarak, mata kering, sakit kepala, sakit leher dan punggung.

Terdapat beberapa teknik yang dapat Anda lakukan yaitu pindahkan layar monitor sehingga sejajar dengan mata, hindari silau dari jendela dan lampu dan gunakan layar anti-silau jika diperlukan.

Selain itu, pilih kursi yang nyaman dan mendukung, jika mata kering coba lebih banyak berkedip, lakukan aturan 20-20-20 yaitu dengan meng-istirahatkan mata setiap 20 menit sejauh 20 kaki selama 20 detik.

6. Gunakan riasan mata yang tepat

Jika memilih riasan, pilih merek yang cocok untuk Anda yaitu dengan menghindari eye shadow, maskara, eyeliner yang menyebabkan reaksi alergi pada mata.

Sebelum tidur, pastikan kamu sudah membersihkan riasan pada mata untuk menghindari penumpukan bakteri sisa make-up yang tertinggal di area mata, menghindari iritasi, dan dapat menyebabkan pori-pori di sekitar mata menjadi tersumbat yang dapat menyebabkan bintitan atau hordeolum.

Jika sudah mengalami infeksi yang parah segeralah konsultasi kepada dokter.

7. Tidur yang cukup

(c) unsplash.com

Sama seperti anggota tubuh lainnya, mata juga perlu istirahat yaitu dengan tidur.

Pastikan Anda tidur cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatan mata agar tetap segar dan sehat.

Sebaliknya jika kurang tidur akan banyak masalah yang akan bermunculan. Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per malam.

Baca juga:

gadget

kesehatan

kesehatan mata


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami