Jurnalistika
Loading...

5 Kebiasaan Sehat untuk Membantu Mengurangi Kecemasan dan Depresi

  • Arief Rahman

    13 Jul 2023 | 12:35 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi kebiasaan sehat mengurangi kecemasan. (Pixabay/kalyanayahaluwo)

jurnalistika.id – Kebiasaan sehat jika diterapkan dalam gaya hidup dapat membantu mengurangi dan mencegah gejala kecemasan dan depresi. Ada berbagai langkah sederhana yang bisa diterapkan agar bisa menjaga kesehatan mental tersebut.

Menurut ahli, gangguan kecemasan dapat dialami oleh siapa saja. Tidak terbatas pada kelompok usia, jenis kelamin, atau latar belakang sosial. Meskipun begitu, tingkat keparahannya dapat bervariasi.

Oleh sebab itu, siapa pun penting untuk melakukan kebiasaan sehat guna mengurangi kecemasan dan depresi. Terlebih bagi mereka yang merasa mudah mengalami stres dan maupun gejala kesehatan lain.

5 Kebiasaan Sehat untuk Membantu Mengurangi Kecemasan dan Depresi

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima kebiasan yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

1. Bicara dengan Orang yang Tepat

Menurut Life  Counseling Institute, berbagi masalah kecemasan dengan orang yang Anda percaya setiap hari bisa dapat membantu mengelola gejalanya. Jangan malah menghabiskan waktu menyendiri dalam kesunyian. Lebih baik bicara dengan seseorang yang dekat dan tepat daripada mencoba merahasiakannya.

2. Menjaga Kebersihan Diri

Dilansir dari Heads Up Guys, tidak mengurus kebersihan diri secara teratur meliputi mandi, menyikat gigi dan mencuci pakaian bisa membuat suasana hati buruk. Karenanya, biasakan untuk selalu menjaga kebersihan diri untuk membuat suasana hati lebih baik.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu! Ini 5 Bahaya Obesitas pada Anak Jika Dibiarkan

Bahkan jika hal tersebut menjadi satu-satunya yang dapat Anda lakukan, penting untuk mencoba mempertahankan kebiasaan kebersihan pribadi yang baik. Biasakan menerapkan menjaga penampilan dan merasa percaya diri dan usahakan dilakukan secara teratur.

3. Berolahraga Setiap Hari

Selain bermanfaat untuk membuat fisik lebih sehat, olahraga yang cukup dan teratur juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Sebab, kebiasaan ini bisa mengatur respons otak Anda terhadap stres dan segera meredakan perasaan cemas.

4. Perbanyak Bersyukur

Rasa syukur dapat membantu kesehatan mental terutama ketika sedang merasa cemas. Memilih untuk selalu bersyukur dapat mengubah perspektif Anda dan mengendalikan pikiran cemas. Selain itu, bisa juga mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dan memungkin seseorang fokus pada hal-hal baik dalam hidup.

5. Melatih Mindfulness

Sering kali kecemasan berfokus pada kekhawatiran tentang masa lalu atau ketakutan akan masa depan. Melatih mindfulness seseorang akan belajar membumikan diri pada saat ini dengan fokus pada pernapasan dan memperhatikan sekeliling.

Mindfulness juga disebut dapat mengubah cara seseorang berhubungan dengan pikiran dan perasaan yang sulit. Dengan begitu, seseorang dapat mencegah pikiran cemas dan mengendalikannya.

Itulah sejumlah kebiasaan sehat yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecemasan dan depresi. Tetapi penting juga untuk mencari bantuan profesional jika sudah mengalami gejala kecemasan atau depresi yang parah serta berkepanjangan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

depresi

gangguan kecemasan

kesehatan mental

tips kesehatan mental


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami