Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Ketahui 6 Manfaat Pentingnya Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

  • Sarah A

    08 Jan 2022, 21:08 WIB

    Bagikan:

<p>(c) Unsplash</p>

(c) Unsplash

jurnalistika.id – Tidur merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Melansir webmd.com, orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih tidur berkualitas dengan jadwal yang teratur setiap malam.

Istirahat yang cukup bukan hanya tentang berapa lama total jam tidur, tetapi apakah berkualitas atau tidak sehingga ketika bangun tubuh Anda akan terasa bugar.

Kurang tidur di malam hari dapat membuat Anda mudah marah di keesokan harinya dan tidak jarang juga dapat mengacaukan suasana pagi Anda.

Berikut 6 hal yang menyebabkan pentingnya tidur yang cukup, yaitu :

1. Mengendalikan Berat Badan

Kurangnya tidur dapat merusak hormon di otak Anda yaitu leptin dan ghrelin yang berfungsi untuk mengontrol nafsu makan.

Jika kedua hormon tersebut tidak seimbang akan menyebabkan tingginya godaan untuk makan makanan tidak sehat, terlebih lagi ketika Anda lelah maka Anda akan cenderung malas menggerakkan tubuh Anda.

Kalau hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka tidak heran kalau berat badan Anda bertambah tanpa disadari.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Tugas otak saat manusia tidur yaitu memproses emosi dan mengenali serta bereaksi dengan cara yang benar.

Satu penelitian besar menunjukkan bahwa ketika Anda menderita insomnia, Anda lima kali lebih mungkin mengalami depresi dan kemungkinan mengalami gangguan kecemasan atau panik bahkan lebih besar.

Selain itu, dampak dari kurang tidur kronis juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami gangguan suasana hati yang ditandai dengan adanya mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah secara cepat.

Tentunya, Anda tidak ingin hal ini terjadi karena akan membuat Anda sangat tidak nyaman.

3. Membuat Jantung Lebih Sehat

Saat Anda tidur, tekanan darah akan turun sehingga membuat jantung dan pembuluh darah Anda dapat beristirahat.

Bayangkan jika Anda kekurangan waktu tidur, maka akan semakin lama tekanan darah Anda tetap terjaga selama 24 jam.

Tidak adanya waktu istirahat meyebabkan tekanan darah akan tinggi yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit jantung, termasuk stroke.

4. Menstabilkan Gula Darah

Diperkirakan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan perubahan fisiologis seperti penurunan sensitivitas insulin, peningkatan peradangan, dan perubahan hormon rasa lapar, serta perubahan perilaku seperti pengambilan keputusan yang buruk dan asupan makanan yang lebih banyak.

Tidur yang singkat juga dapat membuat tubuh Anda sulit merespons kebutuhan sel dan kadar gula darah Anda. Oleh karena itu, dapat menyebabkan risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2 dan resistensi insulin yaitu ketika tubuh Anda tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan benar.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh Anda mengidentifikasi adanya bakteri dan virus berbahaya di tubuh Anda dan menghancurkannya. Kurangnya tidur secara terus-menerus akan mengubah cara kerja sel kekebalan tubuh Anda menjadi tidak efektif.

Tidur malam yang baik dapat membantu Anda beristirahat untuk menghindari perasaan lelah dan mengisi kembali energi tubuh Anda dalam memulai aktivitas kembali.

6. Membuat Otak Lebih Tajam

Saat tidak bisa tidur, seringkali Anda mengalami kesulitan dalam mengingat hal secara detail. Hal tersebut karena tidur memainkan peran yang sangat besar dalam pembelajaran dan memori otak.

Kurangnya tidur akan membuat Anda kesulitan untuk fokus serta menerima informasi baru.

Selain itu otak Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyimpan ingatan atau memori dengan benar sehingga memori tersebut tidak akan bertahan dengan jangka panjang di otak Anda.

Mulai sekarang jangan remehkan pentingnya tidur yang cukup yaa!

Baca juga:

Manfaat tidur

tidur

tidur berkualitas


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022