Jurnalistika
Loading...

5 Bahaya Kebanyakan Makan Daging Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

  • Arief Rahman

    26 Jun 2023 | 13:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi daging sapi di potong. (Freepik/javi_indy)

jurnalistika.id – Daging adalah salah satu makanan yang digemari banyak orang,  tetapi ternyata ada beberapa bahaya yang perlu diketahui jika kamu merupakan pecinta santapan lezat ini. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Olahan daging sudah umum ditemukan baik di tempat kuliner maupun diolah sendiri di rumah. Misalnya dijadikan rendang, bakso, steak, semur dan masih banyak jenis makanan lain yang bahan utamanya dari daging.

Alasan daging disukai banyak orang, bisa jadi karena selain lezat dan gurih ada juga nutrisi yang sangat diperlukan tubuh manusia. Misalnya dalam daging sapi, ada beberapa kandungan nutrisi mulai dari protein, selenium, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin D, hingga omega 3.

Akan tetapi, di balik sejumlah nutrisi yang terdapat dalam daging. Ternyata ada juga hal-hal yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh dan perlu diketahui bagi orang yang suka mengkonsumsinya terlebih dalam jumlah banyak.

5 Bahaya Kebanyakan Makan Daging

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima bahaya kebanyakan makan daging yang perlu diketahui.

1. Meningkat Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan pandangan ahli dari American Heart Association, daging merah memiliki lebih banyak lemak jenuh daripada sumber protein lain. Adanya penumpukan lemak jenuh dan lemak trans di tubuh bisa membuat kolesterol tinggi.

Jika kolesterol tinggi maka bisa meningkatkan penyakit jantung. Karenanya, meski kamu merupakan penikmat daging, dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

2. Meningkatkan Risiko Kanker

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, mengkonsumsi daging terlalu banyak juga bisa meningkatkan risiko kanker. Sebab, dalam beberapa kasus, pengolahan daging bisa membentuk senyawa karsinogenik. Seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

Melansir dari penelitian terbitan Nutrition and Cancer  pada tahun 2013, keduanya diyakini dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Penyakit ini juga dikenal sebagai kanker usus besar dan rektum.

4. Berat Badan Sulit Turun

Selanjutnya, kebanyakan makan daging sapi maupun daging merah dapat bisa membuat rencana diet kamu gagal. Karena daging bisa jadi memiliki jumlah kalori lebih besar daripada asupan lainnya.

Mengutip dari Hellosehat, 100 gram daging yang sudah dibersihkan dari lemak memiliki kalori sebesar 123 kkal. Dengan asupan kalori yang besar maka akan membuat berat badan naik, terlebih tidak diimbangi dengan olahraga.

5. Dapat Memicu Sembelit

Seperti diketahui, daging tidak memiliki kandungan serat cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Karena itu, jika terlalu banyak mengkonsumsi daging bisa membuat tubuh rentan kekurangan serat sehari-harinya.

Sementara, menurut studi dari Neurogastroenterology and Motility pada 2015 menyebutkan, asupan lemak jenuh dari daging sebanyak 15 gram lebih sehari bisa meningkatkan risiko sembelit. Penyebabnya, karena lemak jenuh mengaktifkan rem alami pada usus halus yang berefek pada terhambatnya gerakan feses.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

bahaya daging

daging

daging merah

daging sapi


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami