Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Sering Disangka Sama, Inilah Bedanya Margarin, Mentega dan Ghee

  • Dena R

    09 Jan 2022, 19:35 WIB

    Bagikan:

<p>(c) Ceklist.id</p>

(c) Ceklist.id

jurnalistika.id – Margarin dan mentega (butter), Anda tentu sudah familiar dengan kedua bahan serbaguna ini untuk konsumsi sehari-hari. Mulai untuk olesan roti tawar, menumis berbagai masakan hingga membuat aneka kue.

Namun, apakah selama ini Anda menganggap bahwa margarin dan mentega itu sama? Tunggu dulu. Sebenarnya mereka sama sekali berbeda. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Komposisi Margarin

(c) healthline.com

Margarin adalah minyak nabati yang telah diekstraksi secara kimia. Proses ekstraksi ini dilakukan dengan suhu yang sangat tinggi. Hasilnya, minyak akan rusak sepenuhnya.

Hal ini sebenarnya kurang baik baik kesehatan tubuh kita. Vitamin E yang semula ada pada minyak nabati ini habis akibat dari ekstraksi pada suuhu tinggi.

Menurut Dr. Wilson (dr.wilson.com), apa yang tersisa dari proses ini hanyalah nikel, cadmium dan kontaminan beracun lainnya.

Pada awalnya margarin dikembangkan untuk menggantikan mentega. Namun karena margarin dapat diubah dengan banyak cara, sekarang ada banyak margarin yang berbeda.

Beberapa dari mereka mengandung lebih sedikit lemak.

Komposisi Mentega

margarin dan mentega
(c) Palsgaard.com

Di sisi lain, mentega (terutama yang mentah), baik untuk tubuh kita. Mentega memiliki banyak asam lemak yang baik untuk tubuh kita. Di dalamnya, Anda akan menemukan vitamin A, D, E dan K. Jika Anda menderita lactose intoleran, Anda bisa memperoleh vitamin-vitamin tersebut dari zaitun.

Komposisi Ghee

(c) allrecipes.com

‘Keluarga mentega’ yang satu ini mungkin kurang populer di Indonesia. Namun di India, kerap menggunakan ghee untuk memasak.

Ghee sebenarnya adalah padatan susu dari mentega. Cara membuatnya dengan merebus mentega secara perlahan untuk menguapkan semua air.

Baik mentega maupun Ghee,  keduanya berbahan dasar susu sapi. Ghee dan mentega sangat mirip.

Yang membedakan, ketika kita mengaduk mentega masih mengandung sedikit uap air . Sedangkan Ghee sama sekali.

Secara umum, Ghee lebih baik daripada mentega, karena Ghee dapat digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

Kesimpulannya, kendati mentega dan Ghee secara umum lebih sehat daripada margarin, namun penggunaan keduanya jangan sampai berlebihan. Penggunaan mentega dan Ghee secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol.

Sedangkan margarin, sulit larut di dalam tubuh. Jadi, gunakanlah mentega dan margarin dengan bijaksana dalam memasak.

Baca juga: Ketahui Gizi Pada Otak Sapi, Risiko Kesehatan dan Cara Mengolahnya

butter

Ghee

margarin

mentega


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022