Jurnalistika

Leuwi Pangaduan Bogor Ini Cocok Buat Ngadem!

  • Firmansyah

    31 Jan 2022, 17:07 WIB

    Bagikan:

image

Wisatawan tengah bermain air di Leuwi Pangaduan, Bogor (Foto: J.id)

jurnalistika.id – Leuwi Pangaduan di Sentul Bogor bisa menjadi destinasi alternatif pilihan untuk sedikit meredakan stress akibat rutinitas harian.

Leuwi Pangaduan tepatnya berada di kaki Gunung Pancar, Bojong Koneng, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasinya yang relatif dekat dari DKI Jakarta dengan suasana alam yang sejuk menjadikan Leuwi Pangaduan dapat menjadi pilihan mengisi waktu berlibur di akhir pekan.

Selain itu, salah satu wisata alam di gunung pancar ini memiliki panorama yang indah di mana terdapat puluhan Curug yang memiliki sumber air panas langsung.

“Selain udara yang sejuk tidak jauh dari akses tol, banyak air terjun yang memikat di sini, ada puluhan jumlahnya. Juga ada belasan tempat pemandian air panas, itu yang menjadi daya tarik gunung pancar bagi wisatawan asing dan lokal,” terang Hariyanto (32) salah satu pengunjung Leuwi Pangaduan.

Asal-usul Nama Leuwi Pangaduan

Menurut penuturan warga, nama Leuwi Pengaduan berasal dari bahasa Sunda yang berarti air yang bertemu di antara dua sungai. Untuk menuju lokasi tersebut, wisatawan akan melalui jembatan dengan konsep “ethnic” yang terbuat dari bambu.

“Ada dua pertemuan sungai di sini makanya di beri nama leuwi pangaduan satu dari sumber mata air di lokasi wisata ini dan satunya lagi dari sungai mata air di atasnya,” paparnya warga di sana.

Baca juga: Agrowisata Gunung Wayang Sukabumi: Fasilitas, Tiket Masuk dan Rute

Leuwi Pengaduan bukan hanya menawarkan mata air yang jernih, tempat wisata seluas 32 hektar ini selain berkonsep ‘Family Gathering’ juga menghadirkan 3 (tiga) view pemandangan yang berbeda. Antara lain pegunungan, persawahan dan mata air.

“Ada juga pengunjung yang menggelar pra wedding berfoto-foto dengan menggunakan perahu rakit di danau dan untuk yang membawa anak-anak kita punya flying fox, becak mini,tangkap ikan di kolam, tanam padi dan camping ground seluas kurang lebih 1ha bisa menampung 100 tenda,” ungkapnya.

Tarif Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Leuwi Pangaduan, pengelola mematok harga 20 ribu di hari biasa (weekday), dan 30 ribu pada hari libur(weekend),.

Setiap hari, Leuwi Pengaduan hampir tak sepi pengunjung terutama pada hari libur.

“Kalau hari biasa ada sekitar ada sekitar 100an pengunjung,kalau hari libur agak ramai lah sekitar 2000an pengunjung. Waktu sebelum pandemi agak ramai namun saat ini berkurang hingga 50%an. Semoga cepat berakhir biar normal lagi kan membantu perekonomian warga sini juga,” pungkasnya.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Leuwi Pangaduan Sentul di hari libur imlek. ingat ya! wajib patuhi aturan yang berlaku dan perhatikan protokol kesehatan.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

bogor

Leuwi Pangaduan Bogor

Leuwi Pangaduan Sentu;

wisata air

wisata alam

wisata bogor


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami