Jurnalistika

Agrowisata Gunung Wayang Sukabumi, Info Tiket Masuk, Rute dan Jam Buka

  • Firmansyah

    27 Des 2021, 15:51 WIB

    Bagikan:

image

Gapura gaya bali dan ukiran sunda yang jadi ikon agrowisata Gunung Wayang Sukabumi (jurnalistika/firman)

jurnalistika.id – Gunung Wayang Sukabumi merupakan destinasi wisata alam baru di Sukabumi. Di sini terdapat berbagai spot foto menarik dengan latar belakang pegunungan.

Spot untuk foto tersebut membuat Gunung Wayang menarik banyak kunjungan wisatawan. Tidak hanya berasal dari Sukabumi, wisatawan itu juga dari berbagai daerah lain.

panorama alam di Gunung Wayang Sukabumi
Fanorama kawasan Agrowisata Gunung Wayang dari jalan Bojong Genteng-Kalapa Nunggal (dok: jurnalistika)

Selain itu, meski destinasi wisata ini masih dalam tahap proses penyelesaian sejumlah fasilitas. Pengunjung tidak perlu khawatir, di sini telah terbangun beberapa shelter untuk istirahat. Berbagai wahana bermain anak-anak pun telah beroperasi. Taman jajan (Foodcourt), fasilitas musola hingga toilet juga telah tersedia.

Baca juga: Begini Suasana Malam di Gunung Wayang Sukabumi

Ketika memasuki area Gunung Wayang Sukabumi, Gapura megah bergaya Bali akan menyambut di pintu masuk. Menariknya, meskipun pura yang jadi ikon wisata itu bergaya Bali, namun unsur ukirannya bernuansa khas Sunda.

“Taman Gunung Wayang menyuguhkan nuansa keindahan alam pegunungan dengan tetap menjaga keaslian kultur sosial dan nilai budaya,” ungkap Bayu, Ketua BUMDes setempat sebagai pengelola.

Baca juga: 3 Desa Wisata di Medan yang Cantik dan Ikonik

Lokasi dan Tiket Masuk

spot foto di taman wayang
Instalasi dari pohon bambu ini kerap dijadikan wisatawan untuk spot foto (dok: jurnalistika)

Gunung Wayang berlokasi di kampung Sinagar, desa Gunung Endut, kecamatan Kalapa Nunggal, kabupaten Sukabumi. Tempat wisata yang akan fokus ke perkebunan ini mulai dibangun pada tahun 2017. Awalnya, kawasan ini dulunya merupakan perkebunan teh.

Saat ini, untuk tiket masuk Gunung Wayang Sukabumi, pengelola mematok harga sebesar Rp. 5000 untuk pengunjung dewasa. Sedangkan untuk pengunjung di bawah usia 5 tahun, gratis.

Di sini, tersedia tempat parkir yang luas dan memadai. Untuk itu, wisatawan yang datang menggunakan mobil ataupun motor tidak perlu khawatir. tarif parkirnya pun terbilang murah, sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp.5000 tarif parkir mobil.

Jam Buka Taman Gunung Wayang Sukabumi

Agrowisata Gunung Wayang Sukabumi buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00. Bahkan kabarnya, pihak pengelola tengah memperbanyak penerangan supaya pengunjung dapat menikmati suasana alam di area tersebut selama 24 jam.

Akses dan Rute ke Gunung Wayang

Sementara itu, untuk akses menuju area pun terbilang mudah, sebab lokasinya cukup dekat dengan jalan raya penghubung 3 kecamatan di Sukabumi. Parakan Salak – Kalapa Nunggal – Bojong Genteng. Selain itu, kondisi infrastruktur jalan ke area ini pun terbilang mulus.

Baca juga: Ijoijoan Rooftop Garden Resto, “Tak Hanya Sekadar Hijau”

Jika wisatawan melalui jalan Raya Bogor-Sukabumi, dari pasar Parungkuda arahkan kendaraan ke arah Parakan Salak. Kendaraan juga bisa pengunjung arahkan ke arah Bojong Genteng. Kemudian di ujung jalan yang menghubungkan tiga Kecamatan yang disebutkan di atas di situ letak Taman Wayang.

Waktu perjalanan dari pasar Parungkuda ke lokasi sekitar 30-60 menit.

Itulah informasi fasilitas, tiket masuk dan rute ke wisata Gunung Wayang Kalapa Nunggal Sukabumi. Tetap patuhi prokes, jaga kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya. Selamat berkunjung.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

Gunung wayang sukabumi

Pariwisata

Sukabumi

Wisata sukabumi


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami