Jurnalistika

Curug Leuwi Hejo, Sensasi Grand Canyon di Timur Bogor

  • Firmansyah

    17 Sep 2021, 08:20 WIB

    Bagikan:

image

Photo : Curug Leuwi Hejo (Dok.Firman/jurnalistika)

Jurnalistika.id – Berkunjung ke tempat wisata di akhir pekan dapat melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran. Bagi masyarakat Jakarta, Bogor menjadi tujuan utama yang menawarkan banyak wisata alam yang mempesona, salah satunya, Curug Leuwi Hejo yang berada di Sentul.

Berada di kawasan pegunungan Pancar, nama Curug Leuwi Hejo konon karena airnya berwarna hijau. Dalam bahasa Sunda, Leuwi artinya relungan atau kolam, sedangkan hejo berarti hijau.

Curug ini tepatnya berada di Kampung Wangan, Karang Tengah, Babakan Madang, berjarak sekitar 10 kilometer (km) dari pusat kota Bogor.

Rute ke Curug Leuwi Hejo

Dari kota Bogor, perjalanan menuju curug memakan waktu lebih kurang 45 menit hingga 1 jam perjalanan.

Untuk ke lokasi, pengunjung dari Jakarta yang menggunakan kendaraan mobil bisa mengakses rute tol Jagorawi lalu ambil jalur tol Sentul City dan keluar ke arah Jungle land dengan waktu tempuh 2-3 jam.

Lokasi detailnya bisa lihat di Google Maps. Selain itu, akan ada petunjuk jalan yang menuntun pengunjung untuk sampai ke pos utama curug leuwi hejo.

Akses Menuju Curug

Sesampainya di pos utama, pengunjung dapat membayar tiket masuk sebesar Rp.25000/orang untuk mengakses semua spot di sana.

Kawasan wisata yang terkenal dengan Curug Leuwi Hejo sebenarnya memiliki beberapa Curug. Antara lain: Leuwi Lieuk, Leuwi Ciung, Leuwi Cepet dan Baliung.

Lokasi antara satu dan lain curug tidak terlalu jauh, sekira 10-15 meter karena berasal dari sumber aliran yang sama, sungai Cileungsi.

Dari tempat parkir, untuk mencapai lokasi Curug, pengunjung harus berjalan sekitar 30-45 menit. Jangan khawatir, treknya bebatuan yang cukup landai sehingga aman.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan melalui perkampungan warga.

Kemudian akan menemui jalan setapak dengan suguhan hamparan sawah dengan pemandangan tebing dan perbukitan yang hijau dan asri.

Panorama Alam Sekitar Leuwi Hejo

Sisi kanan jalan setapak di bawah tebing itu terlihat aliran sungai yang berwarna kehijauan.

Setelah berjalan lumayan jauh, wisatawan akan menemui lapak penjual makanan dan fasilitas lain seperti ruang ganti dan toilet.

Beberapa lokasi Curug di atas memiliki kolam dengan variasi kedalaman dari 1 hingga 10 meter.

Pengunjung dapat melompat dari tebing di sekitar kolam dengan hati-hati karena lumut membuatnya licin.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke sini tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan buang sampah sembarangan.

Curug Leuwi Hejo buka setiap hari, mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

bogor

Curug leuwi hejo

Sentul city

wisata bogor


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami