Jurnalistika
Loading...

6 Daerah di Indonesia Pemilik Makanan Khas yang Jarang Diketahui

  • Arief Rahman

    13 Jul 2023 | 16:55 WIB

    Bagikan:

image

Contoh makanan khas daerah di Indonesia dari Tapanuli Selatan Holat. (Kemendikbud)

jurnalistika.id – Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan makanan khas daerah yang perlu dicoba, terutama bagi mereka yang sering keliling Tanah Air. Dari setiap santapan di daerah Nusantara juga memiliki keistimewaan tersendiri baik dari rasanya maupun cara pengolahannya.

Berlimpahnya rempah-rempah di Indonesia menjadi faktor yang membuat makanan tradisional memiliki rasa yang nikmat. Kekayaan itu juga yang menjadikan Bumi pertiwi terkenal sebagai salah satu negara yang cocok untuk menikmati wisata kuliner.

6 Daerah di Indonesia Pemilik Makanan Khas

Berikut 10 daerah di Indonesia yang terkenal memiliki makanan khas dan patut dicoba.

1. Mie Titi, Makassar

Mie Titi merupakan kuliner khas Makassar yang memiliki penyajian yang terbilang unik. Jika mie pada umumnya disajikan dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian diolah menjadi makanan berkuah atau goreng. Mie Titi tetap memiliki tekstur kering baik sebelum menjadi makanan maupun setelah sudah siap disantap.

Menariknya, meski dalam bertekstur kering Mie Titi tetap dipadukan dengan kuah kaldu kental dan variasi lainnya. Sekarang ini juga sudah umum dikombinasikan dengan beberapa aksesoris lain seperti irisan bakso dan sayur-sayuran.

2. Kue Kui Kui

Makanan khas Mamuju Sulawesi Barat ini sekilas mirip seperti kue pukis. Tetapi jika diperhatikan lebih detail, kue ini sebenarnya memiliki ukuran lebih panjang. Kue Kui Kui memiliki tekstur lembut serta cita rasa gurih. Jika berkunjung ke Mamuju, wajib bangat mencoba makanan khas ini agar tau perbedaannya.

3. Subbet, Mentawai

Selain terkenal dengan kuliner rendang yang telah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia, Sumatera Barat juga punya makanan unik lain bernama Subbet khas Mentawai. Makanan ini memadukan antara pisang (bagok), keladi (gettek), serta kelapa (toitet). Campuran ketiga bahan tersebut memunculkan rasa manis dan tekstur yang lembut pada Subbet.

Baca juga: 5 Makanan Khas Sunda Enak dan Terkenal, Bikin Lidah Bergoyang!

Biasanya orang Mentawai membuat Subbet dalam jumlah banyak ketika ada pesta pernikahan atau punen putalimongat. Bahkan olahan ini menjadi makanan pokok bagi suku Mentawai selain nasi.

4. Sambal Tuktuk, Tapanuli

Banyak orang mungkin tidak mengetahui Sambal Tuktuk yang merupakan sambal tradisional khas orang Tapanuli, Sumatera Utara ini. Bahan-bahan pembuatannya memang tidak berbeda dari sambal pada umumnya, namun yang membedakan adalah andaliman yang dicampur di dalamnya.

Sambal tuktuk biasanya dicampur dengan makanan lain, seperti ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan). Jika tidak ada bisa juga diganti dengan ikan teri tawar. Tetapi yang menarik adalah, sebelum dimasukkan ikan tersebut akan dibakar terlebih dahulu baru diulek.

5. Ikan Mas Arsik Nurung, Karo

Berikutnya masih dari wilayah Sumatera Utara dan sedikit bergeser dari Tapanuli ke Karo. Wilayah ini mempunyai makanan yang bahan utamanya ikan mas dan diberi nama Ikan Mas Arsik Nurung. Pembuatan terbilang lama karena bisa memakan waktu berjam-jam agar bisa mendapatkan rasa yang lebih lezat.

6. Holat, Padang Sidempuan

Terakhir ada masakan khas dari daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara yang disebut Holat. Secara sekilas Holat memang tampak seperti ikan bakar kuah yang menjadi bahan utamanya.

Keunikan makanan ini terletak pada bumbu utamanya yang disebut dengan Holat atau kelat, berupa kuah siraman yang dicampur potongan tunas rotan. Bagi orang Tapanuli Selatan dan sekitarnya, tunas rotan dalam Holat menjadi salah satu bagian yang tidak boleh terlewat untuk dinikmati.

Demikianlah sejumlah makanan khas yang berada di beberapa daerah di Indonesia. Penting untuk diingat, setiap daerah punya makanan khas masing-masing, di atas hanya sebagian daerah yang ada di Indonesia.

Kemungkinan beberapa daerah juga memiliki bentuk dan jenis makanan yang mirip. Namun, bedanya terdapat dari segi pengolahan, bahan yang digunakan serta rasa yang dihasilkan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

Makanan Khas

makanan khas Indonesia


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami