Jurnalistika
Loading...

5 Makanan Khas Sunda Enak dan Terkenal, Bikin Lidah Bergoyang!

  • Dea Sunara

    16 Mei 2023 | 15:35 WIB

    Bagikan:

image

Nasi Timbel salah satu makanan khas Sunda. (Dok: Instagram/Winarheza)

jurnalistika.id – Sunda merupakan salah satu suku bangsa yang menghuni wilayah barat pulau Jawa mencakup Provinsi Jawa Barat dan Banten. Selain kebudayaannya yang kaya, makanan khas sunda juga sangat terkenal dengan rasa yang lezat dan unik.

Berbagai produk kebudayaan seperti seni dan alat musik dari Sunda telah dikenal luas masyarakat. Begitu pun makanan khasnya yang terkenal lezat.

5 Makanan Khas Sunda yang Unik dan Terkenal

Ada banyak makanan lezat yang berasal dari wilayah ini yang kemudian menjadi makanan khas Sunda. Tak hanya makanan berat, makanan ringan dari Sunda pun sudah ada yang mendunia, loh. Yuk simak apa saja?

1. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan makanan khas sunda yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan bersama lauk pauk seperti ikan goreng, ayam goreng, atau empal goreng. Rasanya yang lezat dan aroma daun pisang yang harum membuat nasi timbel menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.

2. Sate Maranggi

Siapa yang masih berpikiran jika di Nusantara ini hanya ada sate madura dan sate padang? Kamu harus tahu, sunda juga punya sate khas sendiri, namanya sate maranggi.

Sate maranggi terdiri dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu, kemudian dibakar dengan bumbu khas sunda yang pedas dan gurih. Sate maranggi biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal.

3. Pepes Ikan

Seperti namanya, pepes ikan terbuat dari ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar atau dikukus dengan bumbu rempah-rempah khas sunda. Pepes ikan memiliki rasa yang gurih dan pedas, serta aroma daun pisang yang harum.

4. Sayur Asem

Hidangan satu ini selalu cocok dikonsumsi saat cuaca apapun. Sayur asem terbuat dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, jagung, terong, dan daun singkong. Kemudian bermacam sayuran itu direbus dengan bumbu rempah-rempah yang asam dan pedas.

Sayur asem biasanya disajikan dengan nasi dan lauk pauk seperti ikan atau ayam.

5. Batagor

Makanan yang kini mudah ditemui di berbagai kota ini terbuat dari bakso ikan dan tahu yang digoreng dengan tepung, kemudian disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas. Batagor biasanya disajikan dengan nasi atau mie dan acar.

Itulah 5 makanan khas sunda paling enak yang bisa kamu coba. Selain lezat dan enak, makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Makanan Khas

makanan khas sunda


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami