Jurnalistika
Loading...

5 Minuman Segar Khas Ramadhan yang Selalu Dirindukan

  • Inas Nasihah

    09 Apr 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi minuman segar khas Ramadhan yang selalu dirindukan. (dok: Hotel Premier BSD)

jurnalistika.id – Selama berpuasa tentu kita menahan segala macam godaan. Termasuk minuman yang sering wara-wiri di iklan. Ditambah dengan efek video yang tentunya semakin nikmat untuk segera disantap.

Minuman tersebut bahkan menjadi minuman yang dirindukan saat Ramadhan. Apa saja itu? Simak di bawah ini!

1. Es Buah

Nikmatnya potongan buah segar yang berwarna-warna tentu tidak bisa dilupakan sebagai santapan berbuka puasa. Cara membuatnya pun sangat mudah. Hanya cukup memotong buah-buahan berbentuk kotak.

Lalu disiram dengan air gula atau sirup, bisa juga ditambah dengan susu. Namun jika kamu tipe orang yang malas membuat sendiri, es buah bisa didapatkan di pasar sore. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membuatnya.

2. Kolak

Jenis santapan yang satu ini berasal dari Indonesia. Kolak merupakan salah satu makanan yang banyak ada di bulan ramadhan.

Bahan dasar untuk membuat kolak sebenarnya sangat mudah dijumpai di sekeliling kita. Seperti labu atau waluh, ubi jalar, dan pisang.

Namun kolak jarang sekali ada di selain bulan Ramadhan. Hal ini karena kebanyakan orang malas untuk membuatnya di bulan-bulan biasa.

3. Susu Kurma

Seperti yang kita tahu, buah kurma adalah buah yang sangat istimewa dan hanya bisa dijumpai saat bulan ramadhan. Buah asal Arab ini memiliki citarasa yang khas tentunya. Buahnya yang manis namun legit ini menjadi favorit setiap orang yang sedang berpuasa.

Oleh karena itu, banyak kita jumpai minuman yang menggunakan bahan dasar kurma. Salah satunya adalah susu kurma. Manisnya susu ditambah dengan rasa legit buah kurma tentu akan nikmat disantap sebagai pelepas dahaga.

Cara membuatnya pun cukup simpel, cukup rendam buah kurma ke dalam air susu, tunggu beberapa saat kemudian dihaluskan. Tambah dengan sedikit es dan toping kurma yang sudah dipotong, susu kurma siap dinikmati.

4. Es Kopyor

Kelapa kopyor tentunya akan sangat nikmat jika diolah menjadi es. Minuman yang satu ini hanya berbahan dasar kelapa kopyor.

Maksud kelapa kopyor adalah kelapa yang memiliki kelainan, namun memiliki cita rasa yang sungguh nikmat. Kelapa jenis ini memiliki daging yang sangat empuk dan air lebih sedikit. Rasanya yang khas dapat kita nikmati sebagai opsi minuman berbuka puasa.

Cara membuatnya juga simpel, hanya kelapa kopyor ditambah dengan sedikit air gula dan es. Bisa juga ditambah dengan susu untuk menambah cita rasa.

5. Es Blewah

Mungkin bagi sebagian orang, es blewah dikenal dengan es timun suri. Minuman ini akan banyak kita jumpai di bulan Ramadhan.

Blewah sendiri memiliki rasa yang hambar, berbeda dengan kebanyakan buah lain. Blewah hanya akan terasa nikmat jika ditambah dengan susu atau gula.

Demikian beberapa minuman yang dirindukan saat Ramadhan.

Bagaimana, apakah kamu juga merindukannya? Jika iya, maka kamu bisa membuatnya sendiri atau membeli di bazar Ramadhan.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Inas

minuman segar

Ramadhan

ramadhan 2023

timun suri


Populer

Deretan Artis Masuk Radar Pilkada 2024, dari Pelawak hingga Musisi
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami