Jurnalistika
Loading...

Sunnah Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ini Dalilnya

  • Ratu Masrana

    30 Mar 2023 | 14:15 WIB

    Bagikan:

image

pedagang menjual minuman manis untuk berbuka puasa. (jurnalistika/Firmansyah)

jurnalistika.id – Salah satu tradisi yang sangat kental di bulan Ramadhan adalah kebiasaan untuk berbuka puasa bersama-sama. Ketika waktu berbuka puasa tiba, yang biasa dilakukan adalah dengan memulainya dengan segelas air putih atau minuman manis.

Minuman yang biasanya dihidangkan untuk buka puasa ini berbeda-beda di setiap tempat. Tetapi kebanyakan memang lebih menyukai minuman yang manis, segar dan menyehatkan.

Dalam Islam, kebiasaan untuk memulai berbuka puasa dengan minuman manis memiliki dasar dalil yang sangat jelas dan tegas. Hal ini tertulis dalam hadits dari Abu Dawud, Nasa’i, dan Ahmad bin Hanbal.

Dalil Berbuka Puasa Dianjurkan dengan Minum dan Makanan yang Manis

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian berbuka puasa, maka hendaklah dia memulainya dengan segelas air putih. Jika tidak ada air putih, maka hendaklah dia memulainya dengan tamar. Jika tidak ada tamar, maka hendaklah dia memulainya dengan segelas susu yang diminum dengan tiga kali tegukan.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan An-Nasa’i).

Dalam hadits tersebut, Rasulullah Saw menyarankan untuk memulai buka puasa dengan minuman yang segar dan alami seperti air putih atau tawar yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Namun, jika kedua jenis minuman tersebut tidak tersedia, maka bisa diganti dengan segelas susu.

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad Saw juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang halal dan baik untuk tubuh pada saat berbuka puasa.

Seiring berkembangnya zaman, minuman yang disajikan saat berbuka puasa pun semakin beragam dan bervariasi. Ada yang menyajikan minuman tradisional seperti es buah, kolak, atau wedang jahe. Selain itu, ada juga yang menyajikan minuman modern seperti jus buah, smoothies, atau milkshake.

Dalam Islam, berbuka puasa adalah tanda kebesaran Allah yang diberikan kepada umat muslim. Oleh karena itu, memulai buka puasa dengan minuman manis dan segar dapat menjadi momen yang sangat spesial dan membahagiakan bagi umat muslim.

Dengan memulai buka puasa dengan minuman manis yang disukai, umat muslim dapat menguatkan semangat untuk menghadapi ibadah puasa di hari-hari berikutnya.

Yuk, kita berbuka puasa dengan minuman yang manis-manis, seperti yang di sana, senyumnya selalu manis heheee…selamat berbuka puasa!

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontributor: Ratu

berbuka puasa

buka puasa

makanan manis

ramadhan 2023


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami