Jurnalistika
Loading...

5 Agenda Masjid Istiqlal Selama Ramadhan, dari Tadarus hingga Buka Bersama

  • Inas Nasihah

    08 Apr 2023 | 15:15 WIB

    Bagikan:

image

Masjid Istiqlal tampak Depan (foto: katadata.co)

jurnalistika.id – Banyak Masjid menggelar banyak kegiatan saat Ramadhan. Mulai dari tadarus hingga bagi-bagi takjil. Hal inilah yang menjadikan banyak masjid ramai dikunjungi, salah satunya adalah Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia yang mampu menampung hingga 200.000 jamaah. Selain itu, masjid ini juga menjadi tempat yang sangat penting dalam sejarah Indonesia.

Masjid yang dibangun pada tahun 1978 ini diresmikan oleh Presiden Soeharto. Faktanya masjid yang satu ini memang terkenal hingga ke seluruh dunia karena merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dan memiliki arsitektur yang sangat megah.

Masjid ini juga menjadi tempat penting bagi umat Islam di Indonesia. Bahkan saat bulan Ramadhan masjid ini sangat ramai pengunjung. Selama bulan Ramadhan, Masjid ini menjadi tempat yang sangat sibuk.

Kegiatan Masjid Istiqlal Selama Ramadhan 2023

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dilakukan di Masjid Istiqlal selama bulan Ramadhan!

1. Shalat Tarawih

Tarawih biasa dilakukan setelah shalat isya’ dan diikuti oleh jamaah. Setiap malamnya, ribuan jamaah berbondong-bondong menuju masjid ini, untuk menunaikan shalat tarawih.

Meskipun jamaah yang hadir begitu banyak, namun suasana selalu tetap khidmat dan penuh kedamaian. Bagi kamu yang suka mengunjungi masjid-masjid megah dan unik, masjid ini sangat recommended untuk dikunjungi.

2. Tadarus Al-Quran

Selain shalat tarawih, Masjid ini juga menyelenggarakan kegiatan tadarus Al-Quran setiap malamnya. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh jamaah yang ingin membaca dan memahami Al-Quran secara bersama- sama.

Semua kegiatan tadarus ini dibuka untuk semua kalangan dan gratis.

3. Ceramah Agama

Masjid Istiqlal juga menyelenggarakan ceramah agama setiap malamnya selama bulan Ramadhan. Ceramah ini dihadiri oleh ulama dan cendekiawan Muslim terkemuka yang memberikan pengajaran dan nasehat tentang agama Islam kepada Umat Muslim di Jakarta dan sekitarnya.

4. Buka Puasa Bersama

Setiap malam, masjid terbesar se-Indonesia ini menyediakan makanan dan minuman gratis untuk jamaah yang ingin berbuka puasa bersama. Tradisi berbuka puasa bersama di masjid ini juga menjadi momen yang sangat spesial bagi umat Muslim di Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini karena ada banyak keluarga, teman dan tetangga berkumpul bersama-sama untuk berbuka puasa.

5. Pengajian

Masjid yang memiliki arsitektur unik ini juga menjadi tempat untuk mengadakan pengajian selama bulan Ramadhan. Pengajian ini biasanya dihadiri oleh jamaah yang ingin belajar dan memahami agama Islam lebih dalam.

Sekali lagi semua aktivitas yang berlangsung di Masjid tersebut tidak dipungut biaya. Selain aktivitas-aktivitas di atas, masjid ini juga menjadi tempat melakukan ibadah-ibadah lainnya seperti shalat sunnah, shalat jumat, dan ibadah-ibadah lainnya.

Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, Masjid Istiqlal menjadi pusat kegiatan ibadah dan sosial yang penting bagi umat Muslim di Jakarta dan sekitarnya selama bulan Ramadhan tiap tahunnya tak terkecuali tahun 2023.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontibutor: Inas

istiqlal

Masjid istiqlal

ramadhan 2023


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami