Jurnalistika
Loading...

5 Ide Menu Buka Puasa Khas Daerah di Indonesia

  • Anton Fathoni

    27 Mar 2023 | 18:15 WIB

    Bagikan:

image

Aneka takjil dijajakan penjual di depan Perumahan Griya Jakarta, Pamulang, Kota Tangsel. (Jurnalistika/Firmansyah)

jurnalistika.id – Sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan, saat bulan Ramadhan, Umat Islam Indonesia tak kehabisan ide makanan untuk dijadikan menu berbuka puasa. Dari Sabang sampai Merauke, umat muslim Nusantara memiliki menu khas yang menjadi andalannya untuk buka puasa.

Tentunya, menu makanan dari berbagai daerah itu memiliki ciri khas dan cita rasanya sendiri-sendiri. Nah, jika kamu bosan dengan menu yang biasa-biasa aja, simak referensi menu makanan khas Indonesia untuk berbuka puasa berikut Lantas apa saja sih makanan khas Indonesia yang kerap dijadikan menu berbuka puasa?

5 Menu Buka Puasa Khas Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber berikut jurnalistika rangkum 5 menu andalan daerah di Indonesia yang dijadikan sajian berbuka puasa.

1. Kanji Rumbi

Makanan khas daerah buka puasa yang pertama adalah Kanji Rumbi. Makanan ini berasal dari Provinsi paling barat di Indonesia yakni Aceh. Kanji Rumbi adalah bubur ayam khas Aceh yang menjadi menu andalan buka puasa masyarakat setempat.

Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak sangrai hingga warnanya berubah menjadi kekuningan. Setelah mengalami proses penyangraian perlakuan selanjutnya adalah beras ditumbuk kasar.

Sedangkan bumbu yang menjadi ciri khas masakan ini adalah bumbu rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, buah pala, bawang merah, adas manis, merica, ketumbar, bawang merah, pekak dan buah pala.

2. Kolak Pisang

Mungkin stereotip berbuka puasa dengan yang manis-manis sudah melekat di benak masyarakat muslim dalam memilih menu buka puasa. Selain menambah energi Rasulullah pun menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis.

Kolak menjadi menu yang umum melengkapi meja makan anda ketika hendak mempersiapkan makanan buka puasa. Kolak adalah makanan khas ibukota Indonesia, Jakarta yang memiliki cita rasa manis karena proses pembuatannya melibatkan gula merah.

Bahan dasar kolak adalah pisang raja namun apabila ingin menambahkan variasi isian bisa ditambahkan ubi kayu. Untuk kuahnya sendiri terbuat dari air, santan, gula merah dan daun pandan sehingga rasanya kombinasi antara gurih dan manis.

3. Chai Kue

Pontianak Provinsi Kalimantan Timur, memiliki menu makanan berbuka puasa yang khas. Namanya adalah Chai Kue, anda yang orang Kalimantan Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang hampir mirip dengan dimsum ini.

Chai Kue terbuat dari tepung beras yang memiliki isian beragam. Umumnya makanan ini diisi dengan berbagai jenis sayuran. Adapun sayuran buang dimaksud yaitu bayam, rebung, dan kucai.

Untuk pengolahan nya sendiri sesuai selera, Chai Kue bisa masak dengan dua cara yang umum. Opsi yang pertama adalah digoreng dan apabila anda menginginkan makanan yang lebih sehat terbebas dari minyak anda bisa mencoba opsi yang kedua yaitu di kukus.

4. Sikaporo

Menu buka puasa Nusantara yang selanjutnya berasal dari Pulau Sulawesi yaitu Makassar. Sikaporo adalah makanan yang di incar oleh masyarakat Makassar apabila hendak berbuka puasa.

Sikaporo terbuat dari tepung beras, santan dan telur yang diadon menjadi dua macam adonan yaitu adonan putih dan hijau. Dalam penyajiannya makanan ini disandingkan dengan pelengkap gula merah yang dicairkan untuk menambah citarasanya.

5. Kue Lontar

Beralih ke Merauke Indonesia, Papua memiliki menu andalan tersendiri untuk buka puasanya. Mungkin Papua terkenal dengan olahan ikan dan sagu, namun selain itu ada juga menu yang kerap dimakan saat berbuka puasa oleh masyarakat setempat, Kue Lontar namanya.

Kue Lontar adalah kue pie khas Papua, rasanya manis dengan tekstur renyah di bagian luar dan tekstur lembut di bagian dalamnya. Kue Lontar Papua adalah kue pie susu.

Itu dia 5 menu khas berbagai daerah di Indonesia yang bisa jadi referensi untuk buka puasa. Selamat mencoba.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Anton (internship)

Makanan Khas

Menu Buka Puasa

ramadhan 2023

Takjil


Populer

Kominfo ‘Diperas’ Pelaku Penyerang Server PDN, Minta Bayaran 8 Juta Dollar AS
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami