Jurnalistika
Loading...

Penderita Maag Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

  • Fareza Hanum

    22 Mar 2023 | 15:45 WIB

    Bagikan:

image

ilustrasi maag atau asam lambung naik. (freepik/jcomp)

jurnalistika.id- Saat berbuka puasa atau sahur, sering kali banyak orang kalap dan tidak bijak dalam memilih makanan ataupun minuman. Bila hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh. Khususnya bagi penderita penyakit asam lambung atau maag.

Bagi pengidap maag yang ingin berpuasa, wajib untuk memperhatikan makanan serta minuman yang akan disantap ketika berbuka puasa ataupun saat sahur nantinya.

Pasalnya, bila kita mengkonsumsi makanan yang salah maka akan berdampak kambuhnya penyakit maag yang kita derita.

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Maag Agar Asam Lambung Tidak Naik saat Puasa

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita maag ketika berbuka puasa dan sahur.

1. Makanan pedas

Hindari makanan pedas ketika berbuka puasa dan sahur, dikutip dari halodoc, seorang peneliti telah menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut dan memicu sensasi terbakar pada pengidap asam lambung. Hal tersebut dikarenakan oleh capsaicin, senyawa kimia yang membuat makanan terasa pedas, yang dapat mengiritasi bagian kerongkongan dan menyebabkan refluks asam. 

2. Makanan berlemak

Dikutip dari Alodokter, makanan berlemak, seperti gorengan atau daging berlemak. Jenis makanan ini sulit untuk dicerna sehingga perut mudah kembung. Selain itu, makanan berlemak juga bisa memperburuk konstipasi serta diare.

3. Cokelat

Coklat memang manis dan lezat dan cocok untuk cemilan saat berbuka puasa, namun untuk kalian penderita maag perlu memperhatikan batas saat mengkonsumsi cokelat.

Karena coklat memiliki kandungan berupa methylxanthine yang dapat menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah menjadi lebih rileks. Hal tersebut dapat memicu terjadinya asam lambung menjadi naik dan dapat menggangu aktivitas kalian disaat Ramadhan.

4. Buah yang asam

Untuk penderita maag jangan coba-coba memakan buah-buahan dengan cita rasa asam saat berbuka puasa ataupun sahur, karena akan memicu terjadinya asam lambung. Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya kalian hindari, seperti; jeruk, nanas, lemon, tomat, serta jeruk nipis.

5. Susu

Perlu diketahui susu memang kaya akan kandungan laktosa serta lemak, sehingga membuat susu lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh kita. Dikutip dari Alodokter, bila laktosa tidak dapat dicerna dengan baik, misalnya pada kondisi intoleransi laktosa, zat ini akan menghasilkan gas yang membuat perut kalian menjadi kembung.

Tentu saja hal tersebut dapat memicu penyakit maag yang kalian derita akan kambuh kembali. Disarankan untuk kalian yang ingin mengkonsumsi susu sebaiknya cari jenis susu dengan rendah lemak atau bebas laktosa.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Fareza (internship)

asam lambung

maag

makanan penyebab asam lambung

Puasa


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami