Jurnalistika

5 Ciri-ciri yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Brokoli

  • Anton Fathoni

    12 Jan 2023, 16:59 WIB

    Bagikan:

image

Gambar sayuran Brokoli segar. (Shutterstock)

Jurnalistika.idMasakan berkualitas berasal dari bahan yang berkualitas. Begitu pun saat akan memasak brokoli, memilih sayuran kribo dengan warna hijau ini tentu harus Anda perhatikan.

Ada banyak brokoli yang bisa Anda pilih dengan berbagai pertimbangan agar tidak merasa kecewa ketika mendapati brokoli yang kualitasnya tidak bagus.

Anda bebas memilih tempat belanja sayur brokoli. Apabila belanja di pasar maka anda harus pandai-pandai dalam memilah.

Dan jika membelinya di swalayan, lazimnya sayuran di swalayan akan terlihat lebih bagus, fresh, pengemasan yang modern.

Akan tetapi, terkadang ada juga brokoli yang sudah lama, sebab pegawai lupa mengganti atau tertinggal saat ada yang baru. Oleh sebab itu, Anda juga harus jeli saat memilih brokoli di swalayan sekalipun.

Cara memilih brokoli

Untuk brokoli yang berkualitas di pasaran maka harus memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Terdapat Ulat

Mungkin kebanyakan orang akan memilih brokoli yang bersih dan tidak ada ulatnya. Namun saya menyarankan anda memilah brokoli yang kotor dan terdapat ulatnya.

sebab hal ini menandakan bahwa sayuran tersebut masih fresh. Kandungan pestisida pada brokoli tersebut pun rendah.

2. Perhatikan Warna

Ciri-ciri brokoli yang kualitasnya baik adalah warana gerombolan bunganya yang hijau tua. Dan apabila anda mendapati brokoli yang bunganya sudah sedikit kekuningan maka brokoli tersebut dapat dipastikan sudah lama pasca pemanenan.

3. Batang berlendir dan layu

Setelah mengetahui dari warna brokoli selanjutnya yang perlu anda amati adalah batang brokoli. batang brokoli yang bagus yaitu masih segar, tidak keriput dan layu serta tidak terlalu banyak lendir.

anda bisa melihat bagian pangkal batang apabila anda melihat keriput dan terlalu kering jangan anda pilih. Ini menandakan sayuran tersebut sudah lama.

4. Tidak cacat

Umumnya orang akan memilih brokoli yang tidak ada tercuil sedikitpun alias utuh. Ini memang tindakan yang perlu anda ambil.

pasalnya brokoli yang sudah tidak utuh misalnya batangnya terpotong, bunganyanya tercuil sebagian. Ini dapat menyebabkan kandungan gizinya sudah tidak utuh lagi.

5. Bunga tidak rontok

Anda dapat mengusap bagian kepala brokoli dengan tekanan yang normal. Lalu lihat apakah bunga rontok atau tidak. Apabila bunga kuat terikat pada batang, ini tandanya brokoli masih dalam keadaan segar.

Itu dia tips yang bisa anda praktikan ketika memilih brokoli di pasaran. semoga artikel ini dapat membantu.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

Penulis: Anton Fathoni (Internship)

brokoli

memilih brokoli

sayuran


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami