Jurnalistika
Loading...

Ketahui 8 Etika Pergaulan dalam Islam untuk Menjalin Hubungan Harmonis

  • Jurnalistika

    24 Mei 2024 | 16:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi. (Pexels/PNW Production)

jurnalistika.id – Mengetahui etika pergaulan dalam Islam dapat membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Penting pula diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dengan teman maupun orang lain yang baru dikenal.

Setiap orang kemungkinan akan terlibat untuk berhubungan dengan orang baru, seperti dalam acara pengajian maupun tempat kerja baru. Prinsip bergaul paling penting adalah saling menghormati, namun ada beberapa etika lain yang juga tidak kalah penting.

Etika Pergaulan dalam Islam.

Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber delapan etika pergaulan dalam Islam untuk menjalin hubungan harmonis.

1. Bersikap Sopan Santun

Islam mengajarkan pentingnya bersikap sopan dan santun dalam setiap interaksi. Meneladani Rasulullah Muhammad SAW yang dikenal sangat lembut dan sopan, umat Muslim diajarkan untuk selalu menghormati orang lain dengan ucapan dan tindakan yang baik. 

Baca juga: Nikah Beda Agama Kerap Jadi Sorotan, Begini Hukumnya Menurut Islam

Sebagai contoh, memberikan salam dan berbicara dengan lembut adalah bagian dari etika bergaul yang baik. Bersifat sebaliknya justru bisa membuat orang sakit hati dan berpotensi menimbulkan pertikaian.

2. Bersifat Jujur

Kejujuran adalah nilai fundamental dalam Islam. Setiap Muslim diharapkan selalu berkata jujur dan berlaku jujur dalam segala hal. Dengan menjaga kejujuran, kita dapat membangun kepercayaan dan hubungan yang kokoh dengan orang lain.

3. Menghormati Hak Asasi Manusia

Islam mengajarkan bahwa setiap manusia memiliki hak asasi yang harus dihormati. Tidak ada perbedaan perlakuan berdasarkan agama, ras, atau latar belakang sosial. Menghargai hak orang lain adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang adil dan harmonis.

4. Adil

Prinsip keadilan sangat ditekankan dalam Islam. Umat Muslim diajarkan untuk bersikap adil dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam memutuskan suatu perkara maupun dalam memperlakukan orang lain. Keadilan berarti memberikan hak yang seharusnya dan tidak bersikap pilih kasih.

5. Sabar dan Pengampun

Dalam Islam, kesabaran dan pengampunan adalah dua nilai yang sangat dijunjung tinggi. Umat Muslim diajarkan untuk bersabar menghadapi cobaan dan tidak mudah marah. Selain itu, memaafkan kesalahan orang lain adalah cara untuk menjaga kedamaian dan menghindari konflik.

6. Tidak Membongkar Rahasia Orang Lain

Menjaga kerahasiaan adalah bagian penting dari etika pergaulan begitu juga yang harus dilakukan seorang muslim. Tidak boleh menyebarkan gosip atau membuka rahasia orang lain. Menghormati privasi dan martabat orang lain adalah tanda kedewasaan dan integritas.

7. Terlibat dalam Kerjasama dan Tolong-Menolong

Islam sangat mendorong umatnya untuk bekerjasama dan saling membantu dalam hal-hal yang baik. Dengan bekerja sama, umat Muslim dapat mencapai tujuan bersama dan menciptakan masyarakat yang lebih kuat dan bersatu.

8. Rendah Hati

Sifat rendah hati juga harus diterapkan dalam pergaulan sehari-hari. Sombong dan merendahkan orang lain adalah sikap yang dilarang. Setiap Muslim diajarkan untuk menghargai dan memperlakukan semua orang dengan baik.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

etika pergaulan dalam Islam

Islam


Populer

Kominfo ‘Diperas’ Pelaku Penyerang Server PDN, Minta Bayaran 8 Juta Dollar AS
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami