Jurnalistika
Loading...

8 Nabi yang Ditemui Rasulullah Saat Isra Miraj di Setiap Langit

  • Anton Fathoni

    17 Feb 2023 | 20:52 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi Kisah Rasulallah menjumpai Nabi saat Isra Miraj. (Majid Istiqlal by Prayudi Hartono di Flickr)

jurnalistika.id Isra Miraj merupakan peristiwa saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan panjang dari Mekah menuju Baitul Maqdis kemudian naik ke atas langit hingga ke Sidratul Muntaha dengan kendaraan Buraq dalam semalam. Peristiwa itu terjadi tepat pada 27 Rajab, tahun ke-10 kenabian.

Saat perjalanan melintasi satu demi satu lapisan langit itu, Rasulullah singgah di tiap-tiap langit dan bertemu dengan Nabi-nabi sebelumnya. Hingga puncaknya bertemu dengan pemilik alam semesta Allah SWT. Lantas siapa sajakah Nabi yang Rasullulah temui saat Isra Miraj? 

Baca juga: 15 Link Twibbon Isra Miraj 2023, Lengkap Cara Pasangnya

8 Nabi yang Bertemu Rasulullah SAW di Langit Saat Isra Miraj

Berikut daftar Nabi yang dijumpai oleh Rasulullah SAW dalam perjalanan menuju Sidratul Muntaha saat Isra Miraj.  

1. Rasulullah Bertemu Nabi Adam As di Langit Pertama

Setelah singgah di Masjidil Aqsa yang berada di Baitul Maqdis Rasulullah SAW melanjutkan perjalanan ke langit pertama. Di sana Rasulullah bertemu dengan manusia yang diciptakan pertama kali oleh Allah SWT, Nabi Adam As.

Ketika bertemu dengan Nabi Adam As, Rasulullah yang didampingi oleh Malaikat Jibril mengucapkan salam kepada khalifah pertama itu. Kemudian Nabi Adam As menjawab salam Nabi Muhammad SAW.

2. Nabi Yahya As 

Setelah bertemu dengan Nabi Adam di langit pertama, Rasulullah SAW melanjutkan perjalanan naik ke langit selanjutnya langit kedua. Di sana bertemu dengan Nabi Yahya As merupakan anak Nabi Zakaria. 

Nabi Yahya terlahir saat Nabi Zakaria memasuki usia yang sangat tua, karakternya sebagai seorang nabi yang berpegang teguh pada prinsip, berintegritas serta penegak keadilan.

3. Nabi Isa As

Di langit kedua selain bertemu dengan Nabi Yahya, Rasulullah juga bertemu dengan Nabi Isa As. Nabi Isa adalah anak dari wanita suci Maryam yang hamil tanpa dibuahi oleh lelaki.

Nabi Isa diutus oleh Allah SWT kepada umat Nasrani dengan Kitab Injil. Namun suatu ketika umat Nasrani yang justru malah menyalibnya.

Atas seizin Allah SWT ketika hendak disalib, Nabi Isa dinaikan ke atas langit kemudian diserupakan Yudas Iskariot dengan wajah Nabi Isa dan disalib oleh umat Nasrani. Nabi Isa masih dalam keadaan hidup hingga sekarang. 

4. Nabi Yusuf As

Setelah bertemu dengan nabi Yahya dan Isa di langit kedua. Nabi Muhammad kemudian melanjutkan perjalanan menuju langit ketiga. Di sini Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi memiliki paras yang sangat luar biasa tampan, Nabi Yusuf Putra Yakub.

Ketika Nabi Yusuf bercerita bermimpi melihat bulan, bintang dan matahari bersujud kepadanya. Sejak saat itu sang ayah Nabi Yaqub meyakini anaknya seorang Nabi.

5. Rasulullah Bertemu Nabi Idris As di Langit Ke-5

Naik lagi ke langit keempat Rasulullah bertemu dengan Nabi Idris As. Nabi Idris terkenal akan kecerdasan, dialah keturunan Nabi Adam AS yang pertama kali dapat membaca dan menulis.   

6. Nabi Harun As

Saat tiba di langit kelima. Nabi muhammad bertemu dengan Nabi yang memiliki kemampuan berbahasa yang luar biasa yaitu Nabi Harun As.

7. Rasulullah Bertemu Nabi Musa As di Langit Ke-7

Selanjutnya pada langit keenam. Nabi Muhammad bertemu dengan Nabi Musa As.

Nabi Musa adalah Nabi yang memiliki mukjizat membelah Lautan saat dikejar oleh raja zalim Mesir Firaun. 

Saat bertemu dengan Nabi Muhammad, Nabi Musa menangis karena umat Nabi muhammad yang masuk surga lebih banyak daripada umat Nabi Musa.

8. Nabi Ibrahim As

Saat tiba di langit ketujuh. Nabi muhammad bertemu dengan Bapak Para Nabi, Nabi Ibrahim As.

Nabi Ibrahim adalah nabi yang memiliki mukjizat tidak terbakar oleh api saat dieksekusi oleh Raja Namrud, akibat menghancurkan berhala dan tak mengakuinya sebagai tuhan.

Itu dia Nabi-nabi yang bertemu dengan Rasulullah saat melakukan Isra Miraj hingga bertemu dengan Allah SWT di Sidratulmuntaha dan menerima wahyu sholat lima waktu.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

Anton Fathoni (internship)

isra miraj

peristiwa isra miraj


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami