Jurnalistika
Loading...

Kisah Inspiratif Isra Miraj Nabi Muhammad SAW: Kenapa Harus Dikenang?

  • Jurnalistika

    17 Feb 2023 | 19:55 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi membaca al-quran, kisah Isra Miraj Rasulullah. (Madrosah Sunnah/Unsplash)

jurnalistika.id – Isra Miraj merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Kisah tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan wahyu langsung dari Allah SWT ini selalu diperingati umat muslim di seluruh dunia.

Peristiwa Isra Miraj terjadi pada tanggal 27 Rajab di tahun ke-8 kenabian. Di tahun 2023 ini, Isra Miraj akan jatuh pada Sabtu (18/2). Kisah tentang Isra Miraj ini terdapat dalam Al-Qur’an surat Al Isra.

Isra Miraj sendiri berasal dari bahasa Arab, di mana Isra berarti “perjalanan malam”, dan Miraj berarti “kenaikan”. Isra merujuk pada peristiwa perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Pada saat itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan mengendarai Buraq.

Sementara Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Bumi menuju langit ke-7 dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah mendirikan salat.

Lihat juga: 15 Link Twibbon Isra Miraj 2023, Lengkap Cara Pasangnya

Kisah Isra Miraj, Perjalanan Rasulullah ke Langit ke 7, dan Perintah Shalat

Perjalanan Isra Miraj dimulai ketika Nabi Muhammad SAW tertidur di Masjidil Haram di Makkah. Dalam mimpi, Malaikat Jibril datang kepadanya dan membawa seekor buraq (sebuah makhluk yang memiliki sayap dan kaki).

Buraq kemudian membawa Nabi Muhammad SAW ke Masjidil Aqsa di Yerusalem. Di sana, Rasulullah melaksanakan shalat bersama para nabi yang telah pergi sebelumnya. zSetelah shalat, Rasulullah naik ke langit melalui langit ke tujuh, bertemu dengan para nabi, dan berbicara dengan Allah SWT.

Selama perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW diberikan beberapa perintah Allah SWT, seperti kewajiban shalat lima waktu, zakat, dan puasa Ramadhan. Selain itu, beliau juga bertemu dengan para nabi, termasuk Nabi Adam, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Ibrahim. Setelah itu, beliau kembali ke Masjidil Haram di Makkah.

Isra Miraj menjadi peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Islam karena menunjukkan betapa dekatnya hubungan antara Allah SWT dan manusia. Peristiwa ini juga menunjukkan betapa pentingnya shalat sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Selain itu, Isra’ Miraj juga menunjukkan betapa besar kedudukan Nabi Muhammad SAW di mata Allah SWT. Peristiwa Isra’ Mi’raj sering diperingati oleh umat Islam dengan melakukan shalat malam dan membaca doa-doa tertentu pada malam 27 Rajab.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

(red)

Isra Miraj 2023

kisah Nabi Muhammad Saw


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami