Jurnalistika
Loading...

5 Ide Menu Sahur Spesial untuk Akhir Ramadan

  • Jurnalistika

    03 Apr 2024 | 15:05 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi sahur Ramadan. (Pexels/Thirdman)

jurnalistika.id – Setelah menghidangkan berbagai menu sahur sejak awal Ramadan, beberapa orang mungkin kebingungan untuk mencari ide menu sahur saat memasuki hari-hari terakhir puasa agar tidak membosankan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa ide menu sahur spesial untuk akhir Ramadan yang patut dicoba agar keluarga tidak bosan dengan santapan yang itu-itu saja.

1. Tahu Saus Telur Asin

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu tidak ribet, hanya perlu membeli tahu putih, telur asin, telur, dan tepung secukupnya sesuai porsi keluarga. Kemudian bahan untuk mengolah bumbunya, mulai dari bawang putih, daun bawang, gula pasir, dan air.

Baca juga: Pengertian dan Keistimewaan Nuzulul Quran, Momen Penting di Bulan Ramadhan

Setelah itu oleh bahan-bahan tersebut dengan memotong tahu berbentuk kotak-kotak kecil. Masukan ke dalam adonan tepung kemudian goreng hingga terlihat matang. Lalu olah juga telur yang sudah disiapkan bersama dengan bumbu dan tepung.

2. Cah Tauge Ikan Asin

Menu sahur Cah Tauge Ikan Asin ini bikinannya simpel tapi terasa nikmat bangat. Kamu butuh tauge, kacang panjang, tahu putih, dan tentu saja, ikan asin. 

Jangan lupa daun bawang dan tetelan sapi untuk tambahan rasa. Buat bumbu irisnya dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, dan tomat merah. 

Langkah pertama, goreng tahu sampai setengah matang, lalu sisihkan. Terus, goreng ikan asinnya juga, jangan lupa sisihkan. Setelah itu, tumis bumbu iris sampai harum, masukkan tetelan sapi, tahu, dan kacang panjang. 

Baca juga: Niat dan Tata Cara Menunaikan Zakat Fitrah Pada Bulan Ramadhan

Tambah sedikit air, lalu beri bumbu seperti merica, kaldu jamur, saus tiram, dan gula pasir. Terakhir, masukkan tauge, ikan asin, dan daun bawang. 

Masak sebentar, lalu angkat dan sajikan. Voila! Menu sahur yang enak dan bergizi siap untuk dinikmati. Selamat sahur!

3. Oseng Kacang Panjang

Untuk menu sahur Oseng Kacang Panjang, siapkan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Tumis bawang merah dan putih sampai layu, lalu masukkan lengkuas, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, dan cabai merah. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap.

Setelah itu, masukkan kacang panjang dan pete yang sudah dioseng-oseng. Tambahkan kecap manis, saus tiram, gula, dan garam sesuai selera. Beri sedikit air untuk memudahkan proses penggorengan.

Koreksi rasa sesuai dengan selera, dan terakhir masukkan tempe yang sudah digoreng dan dioseng-oseng sebentar sampai semua bahan tercampur rata.

4. Ikan Salem Siram Cabai Pete

Buat pecinta pete dan ikan boleh coba menu yang satu ini. Siapkan 4 buah ikan salem ukuran sedang yang segar. Selain itu, kamu juga akan membutuhkan 300 cc air untuk bumbu sausnya. 

Pastikan juga ada minyak untuk menumis dan menggoreng secukupnya. Bumbu-bumbu yang akan memberi cita rasa khas pada hidangan ini antara lain 2 sendok makan saus tiram, 2 sendok makan kecap manis, 3 lembar daun salam, serta lada dan garam secukupnya. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Bukber Puasa Ramadhan di Pamulang Tangerang Selatan

Jangan lupakan pula bumbu iris yang terdiri dari 8 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 buah cabai merah besar, 5 buah cabai hijau besar, 10 buah cabai rawit merah, 1 genggam pete, 1 ruas lengkuas, dan 1 ruas jahe.

Dengan mempersiapkan semua bahan ini, kamu siap untuk menciptakan hidangan sahur yang lezat dan bergizi.

5. Tumis Bunga Pepaya

Menu sahur Ramadan terakhir ini boleh dicoba kalau punya bunga pepaya tapi bingung mau mengolahnya menjadi makanan yang nikmat. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan 1 mangkuk bunga pepaya yang sudah direbus bersama beberapa lembar daun jambu biji untuk mengurangi rasa pahitnya. 

Persiapkan juga 1 genggam ikan teri yang sudah digoreng garing, 2 siung bawang putih yang diiris tipis, 3 butir bawang merah yang diiris tipis, 4 buah cabai rawit dan 4 buah cabai merah yang diiris serong sesuai selera.

Lalu garam, penyedap rasa, dan gula. Jangan lupa seruas jari lengkuas yang sudah dimemarkan, serta 1 lembar daun salam.

Selanjutnya, mulai memasak. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, dan daun salam hingga harum. 

Setelah itu, tambahkan bunga pepaya yang sudah disiapkan, aduk rata, dan sedikitkan air agar bumbunya meresap dengan baik. Bumbui dengan garam, penyedap rasa, dan gula sesuai selera.

Kemudian, masukkan ikan teri yang sudah digoreng garing ke dalam tumisan tersebut, aduk rata lagi untuk menyatukan semua rasa. 

Koreksi rasa sesuai dengan selera kamu, dan hidangkan sayur bunga pepaya pedas ini dengan nasi hangat. Dengan hidangan ini, sahurmu akan semakin lezat dan bergizi. Hidangan siap dinikmati!

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di sini.

ide menu sahur

menu sahur

Ramadan

Ramadhan 2024


Konten Sponsor

Populer

Libur Lebaran Berakhir, Berikut Sisa Cuti dan Tanggal Merah di 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami