Jurnalistika
Loading...

Pengertian dan Keistimewaan Nuzulul Quran, Momen Penting di Bulan Ramadhan

  • Jurnalistika

    28 Mar 2024 | 09:55 WIB

    Bagikan:

image

Pengertian malam nuzulul Quran. (Pixabay/mohdfaris9)

jurnalistika.id – Bulan Ramadhan penuh dengan keistimewaan, salah satunya dengan adanya malam Nuzulul Quran. Lantas apa pengertian dan keistimewaan Nuzulul Quran?

Pengertian Malam Nuzulul Quran

Nuzulul Quran diartikan sebagai peristiwa pertama kali diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Istilah tersebut dapat dimaknai juga sebagai turunnya Al Quran sebagai kitab akhir zaman yang diterima oleh nabi dan rasul terakhir.

Sementara, secara bahasa Nuzulul Quran berasal dari dua kata, Nuzul dan Al Quran. Nuzul maknanya menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, dan Al Quran adalah kitab suci umat Islam.

Baca juga: Niat Sholat Lailatul Qadar 2 Rakaat, Lengkap dengan Doa dan Dzikir Arab beserta Artinya

Perbedaan nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar yang juga terjadi pada Ramadhan bisa dilihat dari peristiwanya.

Nuzulul Quran merupakan penurunan wahyu maupun ayat pertama kepada Rasulullah SAW saat di Gua Hira. Sedangkan Lailatul Qadar merupakan momen ketika Al Quran diturunkan dari Lauh Al Mahfuz ke Baitul Izzah.

Keistimewaan Nuzulul Quran

Berikut beberapa keistimewaan malam Nuzulul Quran yang penting diketahui.

Malam Lebih Baik dari 1.000 Bulan

Maksud dari lebih baik dari 1.000 bulan adalah, saat seseorang melaksanakan amalan dan ibadah pada malam Nuzulul Quran maka akan lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan. 

Malam Diangkatnya Nabi Muhammad SAW Menjadi Rasul

Pada momen ini, Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul oleh Allah SWT. Hal ini ditandai menerima wahyu Surat Al-Alaq ayat 1-5 di Gua Hira.

Malam Penuh Ampunan

Umat Islam sebaiknya memanfaatkan peristiwa penting ini untuk meminta ampun kepada Allah SWT. Nuzulul Quran menjadi waktu yang penuh dengan ampunan serta pertolongan dari sang Maha Pencipta.

Malaikat Turun ke Bumi

Keistimewaan nuzulul Quran selanjutnya adalah para malaikat turun ke bumi untuk memberikan doa kepada setiap orang yang beribadah. Umat Islam dapat memperbanyak ibadah dan beri’tikaf jika ingin mendapatkan keutamaan ini.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Malam Nuzulul Quran

Ramadhan 2024


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami