Jurnalistika
Loading...

Ramadan Memasuki 9 Hari Terakhir, Kenali Tanda Orang Mendapat Lailatul Qadar

  • Jurnalistika

    01 Apr 2024 | 11:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi tanda orang mendapatkan malam Lailatul Qadar. (Pixabay/surgull01)

jurnalistika.id – Dalam beberapa hadist Rasulullah SAW memberikan petunjuk mengenai terjadinya malam Lailatul Qadar. Salah satunya diriwayatkan oleh Ahmad, Bukhari, dan Abu Dawud dalam hadits berikut.

يَ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ – رواه أحمد والبخاري وأبو داود

Artinya: “Lailatul qadar itu berada pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan,” (HR Ahmad, Bukhari, dan Abu Dawud).

Baca juga: Pengertian dan Keistimewaan Nuzulul Quran, Momen Penting di Bulan Ramadhan

Sementara dalam hadits riwayat Bukhari yang lain diterangkan malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى 

Artinya: Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. (HR. Bukhari)

Ramadhan 2024 saat ini telah memasuki 9 hari terakhir, karenanya penting mengetahui beberapa tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qadar. Supaya lebih meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Tanda Orang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Syaikh Khalid Al Mushlih dalam tayangan di saluran YouTube Almosleh TV mengungkapkan, sebetulnya tidak ada ciri-ciri khusus bagi orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. 

Namun, Cendekiawan Muslim Quraish Shihab pernah mengulas terkait tanda-tanda kehadiran Lailatul Qadar pada seseorang. Hal ini termuat dalam bukunya berjudul M.Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui.

Baca juga: Niat dan Tata Cara Menunaikan Zakat Fitrah Pada Bulan Ramadhan

Berikut beberapa di antaranya seperti yang telah dikutip dari DetikJabar.

Merasakan Ketenangan

Quraish Shihab menulis orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan selalu merasa damai dan tentram. Sehingga mengantar pemiliknya dari ragu kepada yakin, dari kebodohan kepada ilmu, lalai kepada ingat, khianat kepada amanat, riya kepada ikhlas, lemah kepada teguh, dan sombong kepada tahu diri.

Orangnya Berubah Menjadi Lebih baik

Selanjutnya, Quraish Shihab menjelaskan orang yang mendapatkan malam penuh berkah ini akan membuat orang yang bersangkutan senantiasa melakukan kebaikan karena adanya bimbingan dari malaikat.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam Surah Al Qadr. Disebutkan pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke Bumi atas izin Allah SWT.

Baca juga: Malam Lailatul Qadar: Tanda, Waktu, Keistimewaan, dan Strategi Memaksimalkannya

Untuk mendapatkan keberkahan malam mulia ini, Umat Islam dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan untuk mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta. Seperti beri’tikaf di masjid, memperbanyak salat sunnah, membaca Al-Quran, Berdzikir dan Berdoa.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di sini.

Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar

tanda malam Lailatul Qadar


Populer

Berapa Anak Bisa Dapat Makan Siang Gratis Jika Dipangkas Rp7.500 dengan Anggaran Rp71 T?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami