Jurnalistika
Loading...

5 Doa agar Keluarga Dijauhkan dari Marabahaya, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

  • Jurnalistika

    12 Jun 2024 | 09:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi berdoa. (Pexels/RDNE Stock project)

jurnalistika.id – Doa memiliki peran penting sebagai penghubung antara manusia dan Sang Pencipta, begitu pun doa agar keluarga dijauhkan dari marabahaya. Mengingat betapa berharganya keamanan dan keselamatan keluarga, doa ini menjadi semakin baik untuk dipanjatkan.

Doa agar keluarga dijauhkan dari marabahaya mampu memberikan ketenangan batin, sekaligus menjadi bentuk ikhtiar dan tawakal kepada Allah SWT. Meski beberapa orang mungkin merasa kegiatan aman-aman saja, tetapi penting untuk diingat bahwa hari sial tidak ada dalam kalender.

Artinya, daripada takabur lebih baik selalu bertindak hati-hati dan diiringi dengan doa meminta perlindungan kepada Allah SWT. Dengan begitu makna dari setiap kata yang diucapkan dapat meresap dalam hati dan meningkatkan keyakinan akan perlindungan-Nya.

5 Doa Agar Keluarga Dijauhkan dari Marabahaya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar keluarga dijauhkan dari marabahaya. Lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

1. Memohon Perlindungan Agar Keluarga Selamat dari  Fitnah dan Penipuan

عَلَى اللهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِيْنَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Latin: Alallaahi tawakkalna robbanaa laa taj’alnaa fitnatan lilqoumidz dzholimiina wa najjanaa birohmatika minal qoumil kaafiriina

Baca juga: Ketahui 8 Etika Pergaulan dalam Islam untuk Menjalin Hubungan Harmonis

Artinya: “Kepada Allah kami bertawakal. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari tipu daya orang-orang kafir.”

2. Doa Selamat dari Musibah dan Kecelakaan

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ وَ شَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Latin: Allaahumma inni a’uudzu bika min jahdil balaa-i wa darkisy syaqoo-i wa suu-il qodhoo-i wa syamaatatil a’doo-i

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari musibah yang berat, kecelakaan yang menimpa, ketentuan yang jelek, dan kejahatan musuh yang zalim.”

3. Doa Dijauhkan dari Bahaya serta Kesengsaraan

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Latin: Bismillaahil ladzii laa yadhurru ma’as mihi syai’un fil ardhi wa laa fis samaa-al wa huwas samii’ul ‘aliim 

Baca juga: Nikah Beda Agama Kerap Jadi Sorotan, Begini Hukumnya Menurut Islam

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang tidak ada yang bisa membahayakan bersama nama-Nya sesuatu apa pun yang ada di bumi dan di langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

4. Doa Memohon Diberikan Keselamatan Lahir Batin

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللهُمَ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اَللَّهُمَ عَافِنِي فِي بَصَرِي ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ ، اللهُم إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Latin: Allahumma aa’finii fii badanii. Allaahumma ‘aafinii fii sam’ii. Allaahumma ‘aafinii fii bashorii, Allaahumma inni a’uudzu bika minal kufri. Allahumma inni a’udzubika minal ‘adzaabil qobri. Laa ilaaha illaa anta. 

Artinya: “Ya Allah, berilah keselamatan pada badanku, pendengaranku, dan penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tidak ada Tuhan yang pantas disembah, kecuali Engkau.”

5. Doa Memohon Selamat dari Keburukan

اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَمِنْ رَوَعَاتِي، وَأَقِلَّ عَثَرَانِي وَاحْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَغْتَالَ مِنْ تَحتِي

Latin: Allaahummastur ‘auraatii wa min row-‘aatii. Wa aqilla ‘atsarooti wahfazhnii min baini yadayya wa min kholfii, wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. Wa ‘auudzu bikaa an ughtaala min tahtii. 

Baca juga: Ghibah Dilarang dalam Islam, Lalu Kapan Diperbolehkan Ungkit Aib Orang Lain?

Artinya: “Ya Allah, tutuplah cacat, hilangkanlah kekhawatiran, dan kurangilah kesalahan-kesalahanku. Peliharalah diriku dari segala kejelekan, baik dari arah muka, belakang, kanan, kiri, atas, maupun bawah yang datang secara tiba-tiba.”

Dengan memanjatkan doa-doa ini, semoga Allah SWT senantiasa melindungi keluarga kita dari segala marabahaya dan memberikan keselamatan dalam setiap langkah. 

Ingatlah, doa adalah salah satu bentuk ikhtiar yang sangat dianjurkan dalam Islam. Lewat berdoa menunjukkan ketawakkalan dan ketergantungan kita hanya kepada Allah yang Maha Kuasa.

Jadikan doa-doa ini bagian dari rutinitas harian untuk melindungi keluarga dari segala keburukan dan mendekatkan kepada kebaikan. Tidak ada yang lebih berharga daripada melihat keluarga hidup dalam kedamaian dan kesejahteraan, terlindungi dari segala bahaya yang mengintai.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

doa

doa dijauhkan dari marabahaya

doa Islam


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami