Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

4 Tips Menghemat Uang Selama Ramadan Biar Kantong Tetap Aman

  • Ratu Masrana

    06 Apr 2022, 20:04 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi Tip Menghemat Uang Biar Kantong Tetap Aman (dok: Kanchanara/Unsplash)

jurnalistika.id – Bulan Ramadan adalah bulan yang kamu tunggu-tunggu kedatangannya. Selain menunggu, kamu juga perlu mempersiapkan segala halnya dengan baik. Salah satunya, kamu harus pintar menghemat uang.

Menyimpan uang saat Ramadan tidak selalu mudah. Padahal, seharusnya kamu hemat di bulan suci ini. Pasalnya, waktu-waktu yang biasanya kamu jajan, saat puasa seharusnya kamu tidak jajan.

Kendati demikan, kamu juga mungkin akan sulit mengatur keuangan karena bahan-bahan makanan mulai naik.

Selanjutnya, ada beberapa tips simple yang bisa kamu coba untuk menghemat uang. Ini bertujuan agar kamu tidak stress karena pengeluaranmu membengkak.

Bagaimana Cara Menghemat Uang Saat Puasa Ramadan?

Melansir dari laman Bibit.id, di bawah ini 4 cara menghemat uang agar dapat melakukan efisiensi pengeluaran di bulan suci :

1. Rencanakan Anggaran

Sebelum kamu mengeluarkan uang, ada baiknya kamu buat rencana finansial. Ini bertujuan agar kamu bisa mengatur dan mengelola keuangan lebih baik lagi.

Daftar pengeluaran di bulan puasa bisa berupa : makan sahur, berbuka, beli takjil dll. Sebaiknya semua kamu hitung dengan cermat. Jangan lupa ya, kamu harus bayar zakat dan juga sisihkan di awal untuk sedekah.

Intinya, susun berdasar skala prioritas. Mana yang utama, mana yang bukan.

2. Catat Pengeluaran Harian

Keuangan yang terencana bisa berjalan baik, bila kamu mencatat juga pengeluaran harian. Kalau tidak dicatat, alih-alih hemat, kamu malah akan boros. Tentunya ini tidak sesuai harapan.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Laris saat Puasa Ramadan

Misal, mungkin kamu merasa uang makan siang bakal utuh karena puasa, tapi selebihnya kamu malah nongkrong di kafe sampai larut malam. Ini menyebabkan pengeluaranmu tidak sesuai.

Sabar ya. Pastikan semua on the track. Daripada nongkrong di kafe mending kamu ikut tadarusan di masjid. Pahala berlipat dan kamu juga menuai berkah, dan satu lagi, pengeluaran kamu jadi hemat.

3. Tahan Keinginan untuk Belanja

Wajar dan sangat dimengerti, sih, kalau kamu ingin belanja kebutuhan Lebaran saat masih bulan Ramadan. Soalnya memang sudah jadi tradisi dan kebiasaan kalau hari raya itu pakai baju baru dan menyiapkan cemilan aneka macam di rumah. Tapi, kamu harus sabar untuk tahan dulu keinginan buat belanja. Karena kalau tidak, pengeluaranmu akan tiba-tiba ludes tanpa disadari.

Layaknya mengalahkan godaan untuk makan dan minum di bulan puasa, kamu juga harus sabar akan godaan untuk belanja. Meski banyak promo tanggal kembar, diskon, cashback, buy 1 get 1, kamu harus tahan diri untuk tidak boros. Penuhi dulu kebutuhan penting selama Ramadan. Setelah itu, kamu bisa belanja kebutuhan di hari raya nanti.

4. Komitmen dengan Rencana Keuanganmu!

Rencana bagus, pengeluaran dicatat. Ternyata tidak selesai sampai di situ. Kamu perlu komitmen untuk menjalankan rencana yang kamu rancang. Sekali menabrak aturan yang kamu buat, biasanya kamu akan keterusan. Jadi jangan buat celah kamu melanggar rambu yang kamu ciptakan sendiri ya. Ingat kamu merencanakan finansialmu itu supaya kamu hemat.

Baca juga: Wajib Coba, Ini 15 Ide Usaha Untuk Dapat Uang Tambahan

Berhemat selama bulan puasa itu dan menabung kelebihan uangmu akibat efisiensi itu perlu konsistensi. Tak hanya menabung, kamu juga bisa investasi. Menabung atau investasi secara rutin lebih baik daripada kamu tunggu uang kamu banyak baru melakukan dua hal ini.

Selanjutnya, kamu harus tahan godaan, selama bula puasa, biasanya bertebaran promo menarik untuk baju lebaran atau kue kering lainnya. Jangan sampai diskon itu membuatmu lunak ya.

Demikian 4 Tips menghemat uang selama puasa Ramadan. Terus jalankan rencana keuanganmu hingga berhasil ya. (RM)

Keuangan

serba serbi ramadan

tips keuangan