Jurnalistika
Loading...

WhatsApp Segera Luncurkan Fitur Chatbot AI, Ini Fungsinya

  • Arief Rahman

    21 Nov 2023 | 10:35 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi fitur baru chatbot AI WhatsApp. (Pixabay/R-region)

jurnalistika.id – WhatsApp dikabarkan akan segera memperkenalkan fitur barunya berupa chatbot Meta kecerdasan buatan (AI). Layanan baru ini nantinya memungkinkan pengguna berbicara dengan AI di dalam aplikasi pengirim pesan tersebut.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur chatbot Meta AI ini sudah hadir di aplikasi WhatsApp beta. Khususnya untuk Android versi 2.23.24.26.

Fitur terbaru tersebut dirilis secara eksklusif kepada sejumlah pengguna beta. Setelah melakukan uji coba, WhatsApp akan memperkenalkan ke pengguna yang lebih luas dalam waktu dekat.

Baca juga: Ciri-ciri WhatsApp Disadap, Simak Agar Terhindar dari Kejahatan Siber

Melalui tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, terlihat ada tombol kecil tambahan di WA sebagai shortcut untuk memulai obrolan dengan AI. Tombol tersebut diletakkan di atas tombol pesan baru di tab chat aplikasi WhatsApp.

“Dengan tombol ini, obrolan yang didukung AI dapat dibuka dengan cepat, menjadikan prosesnya lebih cepat dan bahkan lebih nyaman bagi pengguna,” tulis WABetaInfo, dikutip Selasa (21/11/2023).

Adapun bentuk dari tombol Chat AI di WhatsApp ini menyerupai logo Microsoft Cortana. Saat diketuk dengan cepat maka chatbot Meta AI nantinya akan terbuka.

Meta mengatakan, selain berguna untuk memulai obrolan dengan asisten AI Meta. Pengguna juga bisa menggunakan fitur baru ini untuk meminta kecerdasan buatan merencanakan liburan, menjelajahi internet dengan bantuan Microsoft Bing.

Namun, saat ini fitur ini masih tersedia di WhatsApp beta tester yang dikhususkan saja. Meta belum mengumumkan secara resmi kapan tepatnya fitur chatbot AI akan diluncurkan ke semua pengguna.

Selain kehadiran chatbot AI, WhatsApp juga akan memperkenalkan dua fitur tambahan yang didukung oleh kecerdasan buatan generatif. Pertama, fitur pembuatan stiker menggunakan AI. Kedua, Photorealistic Image Generation yang mampu menciptakan gambar-gambar realistis.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

chatbot

Chatbot AI

fitur baru whatsapp

WhatsApp


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami